Arti Disiplin Dalam Membina Ketahanan Nasional

Arti Disiplin Dalam Membina Ketahanan Nasional



Apa yang dimaksud dengan disiplin? Sebutkan macam-macam bentuk disiplin?

Arti Disiplin


Dalam kehidupan sehari-hari, disiplin sangat memegang peran penting. Bahkan, ada orang yang mengatakan bahwa disiplin adalah kunci sukses. Hal ini berarti disiplin sangat diperlukan oleh setiap orang yang menghendaki kesuksesan dalam hidupnya.



Menurut kamus umum bahasa Indonesia, disiplin adalah ketaatan pada aturan atau tata tertib. Aturan atau tata tertib banyak ragamnya, seperti aturan agama, hukum, dan adat istiadat. Orang yang disiplin akan selalu menaati semua aturan yang berlaku, baik aturan agama, hukum, adat-istiadat maupun aturan-aturan lainnya. Kita dapat menarik kesimpulan bahwa, disiplin adalah sikap mental yang mengandung kerelaan mematuhi ketentuan, peraturan, dan norma yang berlaku dalam menunaikan tugas atau tanggung jawab. Berdisiplin adalah mematuhi atau menaati dan menjalankan semua tata tertib dan tugas yang dibebankan kepadanya.

Hakikat disiplin itu adalah sebagai berikut:
  • adanya kemampuan dan dalam din untuk mengendalikan diri;
  • adanya kemampuan menerima tata nilai lingkungan guna menentukan perilakunya, baik secara individual maupun sebagai anggota masyarakat.
Disiplin dapat diterapkan dalam menggunakan waktu, belajar, bekerja, menjalani aturan, norma, dan hukum yang berlaku, hidup berbangsa dan bernegara, serta menjalankan ajaran agama.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih