Arti, Isi, Prinsip Kekeluargaan Dan Kegotongroyongan Dalam Tata Kehidupan Ekonomi

Arti, Isi, Prinsip Kekeluargaan Dan Kegotongroyongan Dalam Tata Kehidupan Ekonomi



Gotong royong dapat diartikan kerja sama secara kekeluargaan yang dinainis. Sikap ini merupakan kepribadian bangsa Indonesia. Gotong royong merupakan suatu tenaga gerak yang terjadi karena kepentingan individu tidak ditinggalkan dalam memajukan kepentingan bersama. Gotong royong bukan merupakan paksaan. Dalam gotong royong tidak diharapkan adanya pertikaian antar individu yang dapat menghambat kemajuan bersama.

Pada masa sekarang ini sedang digalakkan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Hal ini sejalan dengan laju perkembangan pengetahuan dan teknologi. Kita semakin dituntut untuk menguasai pengetahuan dan teknologi sesuai kehendak GBHN. Sumber daya manusia menjadi kekuatan ekonoini, sosial, budaya, politik, pertahanan, dan keamanan yang nyata. Sumber daya manusia yang berkualitas meiniliki kemampuan, kemanfaatkan, dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sumber daya manusia, termasuk para pemuda sebagai penggerak pembangunan nasional, hendaknya memadukan aspirasi, peranan, dan kepentingannya ke dalam gerak pembangunan bangsa melalui peran sertanya dalam seluruh kegiatan pembangunan.



Kewajiban setiap warga negara adalah mengisi dan mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Kita dituntut melaksanakari Pancasila dalam kehidupan sehari-hari karena Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa yang senantiasa menjadi pedoman bersama dalam menghadapi berbagai persoalan. Untuk mengamalkan Pancasila, bila ada saudara kita yang terkena bencana alam, maka kita wajib membantu mengurangi penderitaannya. Bantuan itu dapat disalurkan lewat badan kemanusiaan di Indonesia, yaitu Palang Merah Indonesia. Sungguh suatu sikap yang baikbahkan sangat terpuji apabila bangsa Indonesia mau melaksanakan hal tersebut, karena dengan begitu kita ikut merasakan penderitaan saudara-saudara yang sedang menerima cobaan hidup.
Sumber Pustaka: PT. Pabelan