Bentuk-Bentuk Kerja Sama Yang Mungkin Dilakukan Oleh BUMN Atau BUMD Dan Koperasi

Bentuk-Bentuk Kerja Sama Yang Mungkin Dilakukan Oleh BUMN Atau BUMD Dan Koperasi



Kita sering mendengar berita tentang bergabungnya perusahaan-perusahaan menjadi satu perusahaan, baik itu antar perusahaan kecil, perusahaan kecil dengan perusahaan besar, atau malah perusahaan besar dengan perusahaan besar. Sebenarnya tujuan dan pengabungan tersebut untuk memperbesar jumlah modal dan jaringan usahanya sehingga mereka dapat bersaing dengan perusahaan Iainnya atau dapat menguasai pasar. Salah satu contohnya adalah Bank Mandiri. Bank Mandiri yang saat ni merupakan bank terbesar di Indonesia sebenarnya hash pengabungan dan 4 bank, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Pembangunan Indonesia, dan Bank Ekspor Impor Indonesia.



Berkaitan dengan itu. kerja sama antara BUMN/BUMD, BUMS, dan koperasi perlu dilakukan agar perken’angkan usaha dapat tumbuh dengan balk sehingga kemajuan perekonomian Indonesia yarg ecpakan tujuan mereka dapat segera tercapai. Inisiatif terjalinnya kerja sama tersebut bisa ca:a-ig dan BUMN/BUMD, BUMS, maupun dan koperasi asalkan kerja sama yang dibangun be’.ijuan untuk 4 poin berikut.
  1. Memperkokor usaha pokok.
  2. Mempertajam daya saing.
  3. Meningkatkan nilai tambah/ keuntungan.
  4. Menambah manfaat yang Iebih baik.
Bentuk-bentuk kerja sama yang mungkin dapat dilakukan oleh ketiga pilar perekonomian Indonesia tadi bisa berbentuk usaha patungan (joint venture) atau kerja sama operasi (joint management).

Kerja Sama Usaha Patungan (Joint Venture)



Joint venture adalah kerja sama dalam bentuk penyertaan saham untuk mendirikan usaha baru secara patungan. Masing-masing badan usaha menanamkan modalnya dengan cara Memiliki membeli saham untuk mendirikan perusahaan baru tersebut.

Kerja Sama Operasi (Joint Management)



Joint management adalah kerja sama antara bdan usaha dalam mengelola perusahaan. Kerja sama dilakukan dengan tujuan untuk mengelola perusahaan dengan pembagian tugas berdasarkan kesepakan bersama.

Bentuk kerja sama di atas merupakan dua alternatif yang sangat tepat dilakukan oleh ketiga pilar perekonomin Indonesia untuk meningkatkan dan memperkokoh perekonomian.
Sumber Pustaka: Yudhistira