Bersama Menegakkan HAM Di Indonesia

Bersama Menegakkan HAM



Upaya penegakan HAM tidak hanya menjadi tugas lembaga-lembaga perlindungan HAM, baik yang dibentuk oleh pemerintah maupun oleh masyarakat. Namun, setiap warga negara termasuk kamu juga mempunyai tanggung jawab untuk ikut serta menegakkan HAM. Bagaimanakah cara yang dapat kamu lakukan untuk ikut serta menegakkan HAM? Kamu dapat menempuh berbagai cara, antara lain mendukung upaya lembaga-lembaga perlindungan HAM dalam menyelesaikan masalah-masalah pelanggaran HAM.

Kamu tentunya sudah mengetahui bagaimana upaya lembaga-lembaga perlindungan HAM dalam menegakkan HAM. Misalnya saja upaya yang telah dilakukan oleh Komnas HAM. Komnas HAM telah menunjukan perannya dalam berbagai hal di bawah ini.


  1. Pngajuan RUU Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi.
  2. Ratifikasi Konvenan induk hak asasi manusia, yaitu konvenan internasional hak-hak sipil dan politik, serta konvenan internasional hak-hak ekonomi, sosial, dan budaya.
  3. Fngajuan revisi terhadap Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia dan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.
Selain hal-hal di atas, Komnas HAM juga telah terlibat aktif dalam upaya pengungkapan kasus-kasus pelanggaran HAM seperti kasus Marsinah dan kasus Munir yang sampai saat mi belum selesai. penyelesaian kasus Tanjung Priok, kasus Trisakti, Semanggi I, dan Semanggi II.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih