Cara Mendengarkan Sambutan Dan Contohnya

Mendengarkan Sambutan



Pada bagian ini. kamu akan belajar mendengarkan sambutan, kamu belajar mencatat pokok-pokok isi sambutan dan menuliskannya ke dalam bebcrapa kalimat. Selain itu, kamu juga akan belajar menyampaikan ringkasan sambutan dan memberikan penilaian terhadap isi dan cara menyampaikan sambutan.

Sambutan merupakan salah satu bentuk pidato yang dilakukan dalam acara-acara tertentu. inisalnya peringatan atau perayaan han-han besar, rapat, seininar. atau sidang. Biasanya. sambutan berisi ucapan terima kasih, imbauan, saran-saran, penekanan mata acara yang akan berlangsung, dan harapan-harapan. Sambutan dilakukan oleh pejabat setempat atau ketua panitia suatu kegiatan.



Dengarkan sambutan yang dibacakan oleh salah seorang temanmu berikut ini dengan saksama! Sebelumnya, tutuplah bukumu!

Selamat pagi, teman-teman.

Teman-teman yang saya hormati, han ini kita memasuki suasana baru. Kita telah libur semester dan telah meninggalkan masa-masa indah waktu di kelas X. Saat ini, kita memasuki kelas XI di SMA Bina Karya yang kita cintai i. Kita telah duduk di Kelas XI yang merupakan kebahagiaan kita semua karena kita dapat naik kelas. Masa yang bahagia, masa yang ceria i, man kita songsong dengan giat belajar, saling bekerja sama, saling membantu. dan kita bentuk tim kelas yang solid. Teman-teman,

Han ini kita mendapat tugas untuk membersihkan lingkungan sekolah. Kita akan membersihkan kotoran-kotoran yang melekat di dinding kelas atau sekolah kita yang kita cintai in Kita juga akan membersihkan got-got. Sebagian yang lain, membantu membenahi taman. Jika terdapat coretan-coretan dinding, mad kita hapus. Jika di -sudut-sudut kelas ada debu dan kotoran, man dibersihkan, bila perlu kita pel. Jangan ada yang bengong, jangan ada yang berpangku tangan saja. Kita ciptakan sekolah kita ini menjadi sekolah yang bersih, tidak ada kotoran, tidak ada debu, tidak ada kertas-kertas yang berserakan, dan tidak ada bungkusan makanan dan ininuman yang dibuang seenaknya. Mad kini pelihara tanaman-tanaman yang ada. Kita tanaini juga halaman sekolah kita dengan pohon yang rindang.

Teman-teman yang saya cintai.

Deinikian sambutan saya, bekerjalah dengan penuh rasa tanggung jawab kepada sekolah kita. Man kita ciptakan keakraban dan keceniaan di antara kita semua. Tenima kasih. Selamat pagi.

Perhatikan contoh pokok-pokok isi sambutan tadi berikut ini!

1. salam pembuka
2. suka cita naik kelas XI
3. tugas untuk membersihkan Iingkungan sekolah
4. dorongan menciptakan sekolah yang bersih
5. salam penutup

Berdasarkan pokok-pokok isi sambutan di atas, kita dapat menulisnya ke dalam beberapa kalimat. Perhatikan contoh menuliskan isi sambutan ke dalam beberapa kalimat berikut ini!

1. Liburan semester telah usai dan kita memasuki kelas XI SMA.
2. Di kelas XI mi kita songsong dengan giat belajar, bekerja sama, saling membantu. dan bentuk tim kelas yang solid.
3. Han mi kita mendapat tugas untuk membersihkan lingkungan sekolah.
4. Kita ciptakan sekolah menjadi sekolah yang bersih
5. Kita bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab kepada sekolah kita.

Dari kalimat-kalimat di atas, kita dapat membuat rangkuman sambutan tadi. Coba kamu sampaikan rangkumannya di depan kelas berikut mi! Liburan semester telah usai. Sekarang, kita duduk di kelas XI SMA. Di kelas XI mi, kita songsong dengan giat belajar, bekerja c. a1ing membantu, dan bentuk tim kelas yang solid. Untuk han pertailla flj ta mendapat tugas membersihkan lingkungan sekolah. Man kita ciptakan sekolah menjadi sekolah yang bersih dengan bekerja penuh rasa tanggung jawab kepada sekolah kita!
Sumber Pustaka: Ganeca Exact