Ciri-Ciri Sikap Dan Perbuatan Setia Terhadap Bangsa Dan Negara

Ciri-Ciri Sikap Dan Perbuatan Setia Terhadap Bangsa Dan Negara



Sikap dan perbuatan setia terhadap bangsa dan negara merupakan ciri warga negara yang memiliki jiwa kebangsaan (nasionalisme). Nasionalisme adalah paham yang menyatakari bahwa kesetiaan tertinggi harus diberikan kepáda bangsä dan negara. Nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme yang berd asarkan Pancasila, yaitu mengutamakan kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. Sikap dan perbuatan setia terhadap bangsa dan negara adalah sikap dan perbuatan yang mengandung ciri-ciri, sebagai berikut:



Meyakini Kebenaran Pancasila dan UUD 1945



Bangsa Indonesia berdiri di atas landasan Pancasila dan UUD 1945. Warga negara yang setia terhadap bangsa dan negara, pertama-tama hams meyakini kebenaran Pancasila dan UUD 1945 dengan cara berusaha mencari tahu dan mempelajarinya.

Menempatkan Peratuan dan Kesatuan serta Kepentingan dan Keselamatan Bangsa dan Negara di atas Kepentingan Pribadi dan Golongan



Kesetiaan seorang warga negara terhadap bangsa dan negara tampak dalam sikapnya yang selalu menempatkan persatuan dan kesatuan serta kepentingan dan keselamatan negara dan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan. Ta selalu berusaha menomorsatukan kepentingan negara dan mengutamakan kepentingan bersama, demi terciptanya persatuan dan kesatuan. Ta juga selalu berusaha agar persatuan dan kesatuan terus terpelihara.

Rela Berkorban untuk Kepentingan Bangsa dan Negara



Warga negara yang memiliki sikap setia terhadap bangsa dan negara akan rela mengorbankan dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara. Ta tidak takut mati mempertahankan bangsa dan negara bila mendapat serangan dan bangsa lain. Ia rela mengorbankan harta, jiwa, dan raganya untuk kepentingan bangsa dan negara. Contoh-contoh perilaku rela berkorban, yaitu membantu korban pertikaian di Aceh, Maluku, Ambon. Misalnya, dengan memberikan sumbangan berupa obat-obatan, pakaian, dan makanan.

Cinta Tanah Air dan Bangsa



Kesetiaan terhadap bangsa dan negara dapat diwujudkan dan sikap mencintai tanah air dan bangsanya. Ia merasa memiliki dan turut bertanggung jawab terhadap bangsa dan negaranya, mau menjaga kelestarian tanah airnya dan kerusakan, menghemat sumber energi yang terkandung dalam bumi, dan hanya menggunakannya untuk kepentingan bangsa dan negara. Contohnya, menjaga kelestarian hutan, menggunakan air, dan listrik seperlunya.

Merasa Bangga sebagai Bangsa Indonesia dan Bertanah Air Indonesia



Merasa bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia merupakan ciriwarga negara yang setia terhadap bangsa dan negara. Ta akan menjaga nama baik bangsa di hadapan bangsa lainnya di dunia. Selam itu juga menjaga kelestarian alam.

Wujud rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia juga dilihat dan kesetiaannya menggunakan bahasa nasional, memakai produksi dalam negeri, dan menjaga keamanan dan ketertiban. Contohnya, pertukaran kebudayaan dan pelajar antarbangsa.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih