Ciri Khas Kawasan Amerika Bagian Utara

Ciri Khas Kawasan Amerika Bagian Utara

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kawasan amerika bagian utara yang perlu kita ketahui.

Lokasi dan Aspek Kesejarahan


Amerika Utara terletak di bagian utara Benua Amerika. Bentuknya lebar ke arah utara dan di bagian tengah menvempit berupa tanah genting sempit dan telah dibuat terusan. Terusan itu disebut Terusan Panama.

Amerika Serikat, pertama kali dihuni oleh kelompok orang Asia yang berimigrasi melalui Selat Bering sekitar 25.000 tahun yang lalu. Negara itu kemudian dijelajahi orang Norse di abad ke-9, dan baru pada abad ke-16 orang Spanyol menjelajahi Amerika dan menetap di Florida dan Meksiko. Pada abad ke-17, Amerika diduduki oleh orang-orang Lnggris, Perancis, Belanda, Jerman, dan Swedia. Pada saat itu, terjadi konflik antara Inggris dan Perancis. Konflik antara Inggris dan Perancis berakhir dengan Inggris memperoleh wilayah luas berdasarkan perjanjian Utrecht pada tahun 1713. Setelah Perang Tujuh Tahun, ketika jendral Inggris, James Wolfe, merebut Quebec dan tentara Louis Montcalm tahun 1759. Perjanjian Paris memberikan hampir seluruh jajahan rnilik Perancis di Amerika Utara kepada Inggris. Pada tahun 1775 — 1783 meletus Perang Kemerdekaan, yang berakhir dengan lahirnya Amerika Serikat sebagai negara merdeka.



Lousiana dijual pada Amerika oleh Perancis pada tahun 1803. Pada tahun 1819 Florida diserahkan oleh Spanyol, dan wilayah-wilayah Spanyol lainnya kemudian ikut bergabung (1821 — 1853). Karena masalah perbudakan, sebelas negara di bagian selatan melepaskan din dan serikat dan membentuk negara konfederasi. Tahun 1861 — 1865 terjadi perang budak (sipil) antara utara dan selatan dan berakhir dengan kemenangan pihak utara. Negara-negara di bagian selatan akhirnya bergabung kembali dengan negara. serikat.

Migrasi kaum loyalis dan Amerika setelah Perang Kemerdekaan menjadi penyebab pembagian Quebec menjadi Kanada Atas dan Kanada Bawah. Kanada bersatu kembali menjadi negara Kanada pada tahun 1841. Negara Dominion Kanada dibentuk pada tahun 1867 melalui konfederasi Quebec, Ontario, Nova Scotia, dan New Brunswick. Ketegangan politik di Kanada terulang lagi pada dasawarsa terakhir mi yang muncul sebagai akibat dan gerakan separtis orang Kanada keturunan Perancis di Quebec.

Bentang Alam


Amerika Utara terletak di antara dua. samudera, yaitu Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik dan dua daerah, yaitu Eropa Barat dan Asia Timur. Keadaan relief Amerika Utara sangat bervariasi. Di bagian barat terdapat pegunungan yang memanjang dan utara ke selatan. Demikian pula daerah bagian timur juga merupakan deretan pegunungan. Di bagian tengah merupakan dataran rendah Kanada dan Lembah Sungai Mississippi yang subur tanahnya. Pegunungan Rocky dan Sierra Nevada merupakan pegunungan bersifat vulkanis yang terdapat di Amerika Utara. Namun demikian, di daerah mi terdapat graben (penurunan permukaan bumi) sehingga menyebabkan terjadinya lembah besar yang dinamakan great basin. Dengan adanya erosi yang besar dan Strngai Colorado maka terjadilah canyon. Canyon merupakan ngarai atau lembah sungai yang terjadi karena adanya kikisan batuan oleh arus air. Di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada terdapat danau-danau besar, seperti Great Bear, Wirmipeg, Superior, Michigan, Huron, Erie, dan Ontario. Antara Danau Erie dan Ontario terdapat terusan Elland dan air terjun, yaitu air terjun Niagara (Amerika) dengan tinggi 60 m dan lebar 415 m, serta air terjun Niagara (Kanada) dengan tinggi 48 m dan lebar 745 m. Air terjun Niagara, sebagian terdapat di wilayah Amerika dan sebagian lain terdapat di wilayah Kanada.
  • Pegunungan
Ciri khas pegunungan di wilayah Amerika Utara dibagi berikut mi.
  • Pegunungan Bagian Barat
Bagian ml merupakan dataran tinggi yang panjang dan dibatasi oleh pegunungan-pegunungan. Di bagian timur Pegunungan Rocky dan di bagian barat terdapat Pegunungan Sierra Nevada dan Pegunungan Cascade. Suatu daerah di Pegunungan Rocky dijadikan sebagai Taman Nasional karena panorama alanmya yang indah. Taman Nasional itu disebut sebagai Yellowstone National Park. Wilayah pegunungan bagian barat yang berupa dataran tinggi mi terdiri atas berikut mi.
  1. Kancah besar dengan Danau Great Salt. Bagian mi merupakan daerah yang kering. Curah hujan tidak mencukupi keperluan pertanian. Di bagian mi banyak terdapat danau-danau garam, yang terpenting adalah Danau Garam Besar. Di sini banyak juga terdapat Depressi Continental, di antaranya “Death Valley”. Daerah depressi ini sangat panas dan kering yang berada 86 m di bawah laut.
  2. Dataran tinggi Meksiko, di sebelah selatan dibatasi oleh deretan gunung-gunung tinggi, sebagian merupakan gunung api. Sungai-sungai di sini telah menyebabkan teijadinya lembah-lembah dengan tepi yang curam dan disebut canyon. Lembah yang terkenal adalah Grand Canyon dan Sungai Colorado (Kedalamannya sampai 2.000 m).
  • Pegunungan Timur
Di bagian mi terdapat Pegunungan Alleghany atau Appalachea. Pegunungan mi memanjang sampai pantai dan diteruskan ke Pulau New Foundland. Pegunungan-pegunungan di sini sejajar ke arah utara — selatan. Karena bentuknya yang demikian, sehingga merupakan rintangan bagi perhubungan timur-barat. Daerah bagian mi sangat kaya akan barang-barang tambang (batu bara, minyak tanah, dan besi).
  • Antara pegunungan Barat dan Timur dijumpai tanah rendah Kanada dan lembah Mississippi.
  • Pantai dan pulau-pulau
  1. Keadaan pantai timur bagian utara umumnya baik, tetapi bagian selatan kurang baik. Hal itu disebabkan banyaknya paya-paya, laguna, dan gundukan pasir (dune). Keadaan pantai barat curam dan berbatu-batu. Sementara itu, di bagian utara terdapat banyak fyord. Pelabuhan yang terbaik pada pantai barat ialah Golden Gate. Di sinilah terdapat kota San Francisco.
  2. New Foundland: terkenal karena pada lautan di dekatnya banyak sekali terdapat ikan.
  3. Kepulauan Bahama dan Bermuda: merupakan pulau-pulau karang milik Inggris.
  4. Greenland: Pulau yang terbesar di seluruh dunia, diliputi oleh es yang tebalnya 1 - 2 km. Pulau mi adalah milik Denmark.
  5. Kepulauan Aleut: memisahkan Laut Bering dan Samudera Atlantik.

Keadaan Iklim


Iklim di kawasan Amerika Utara dipengarulii oleh dua penyebab utama, yaitu pegununganp egunungan yang membujur ke arah utara-selatan dan angin tenggara yang membawa hujan.
  1. Pada musim dingin, angin sangat dingin (northers dan blizzard) yang berasal dan daerah Kutub Utara dapat berhembus ke arah selatan sampai Teluk Meksiko melalui Lembah Mississippi. Pada musim panas, angin mi kadang-kadang berhembus ke arah selatan dan dapat menimbulkan kerugian besar terhadap pertanian. Sedangkan angin panas berhembus ke arah utara.
  2. Karena adanya pegunungan-pegunungan besar, maka pengaruh angin laut (Samudera Pasifik dan Samudera Atlantik) tidak terasa sama sekali di bagian tengah, terkecuali untuk daerah-daerah sepanjang pantai.
  3. Angin tenggara yang membawa hujan (dan Samudera Atlantik) dapat berhembus sampai jauh. Bagian-bagian yang banyak menerima hujan ialah Amerika Serikat bagian selatan dan timur (1.000—2.000 mm); pada bagian tengah daerah Danau Besar dan Kanada keadaannya lebih kering (hujan 500 — 1.000 mm); dan yang lebih kering lagi adalah dataran rendah besar I great plain (250 — 500 mm). Sedangkan dataran tinggi Meksiko sangat kering (kurang dan 250 mm).
Sumber Pustaka: Erlangga