Ciri Sikap Dan Perilaku Tanggung Jawab Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara

Ciri Sikap Dan Perilaku Tanggung Jawab Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara



Sebagai individu, anggota masyarakat, dan warga negara, hendaknya kita meiniliki rasa tanggung jawab. Secara umum, orang yang bertanggung jawab meiniliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Selalu bersikap dan berperilaku tidak merugikan orang lain.
  2. Memiliki kebiasaan mengontrol din di setiap tindakan.
  3. Berhati-hati dalam memutuskan dan melakukan sesuatu.
  4. Memiliki sikap rela berkorban.
  5. Mampu mengendalikan din.
  6. Selalu berjalan sesuai dengan norma yang berlaku.


Sebagai anggota masyarakat, kita pun harus mengembangkan sikap bertanggung j awab terhadap lingkungan tempat tinggal kita. Peranan kita dalam pembangunan dan perkembangan lingkungan masyarakat sangat penting agar kebahagiaan, ketenteraman, dan kesejahteraan dapat dicapai dan dirasakan secara bersama-sama. Untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan masyarakat, kita harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku di dalamnya. Aturan-aturan di masyarakat biasanya disebut norma. Norma-norma dalam masyarakat meliputi norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma agama.

Di negara Indonesia yang menganut paham demokrasi ini, setiap kebebasan yang kita iniliki harus dipertanggungjawabkan baik kepadaTuhan, masyarakat, bangsa, negara, ataupun din sendiri. Dengan deinikian, setiap warga negara baik secara perseorangan ataupun organisasi harus meiniliki rasa dan perilaku tanggung jawab.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih