Definisi Sistem Demokrasi Ekonomi Dan Penerapannya Di Indonesia

Sistem Demokrasi Ekonomi



Beberapa macam sistem ekonomi sudah kita pelajari, setiap negara menggunakan sistem ekonomi yang berbeda-beda sesuai dengan filosofis negara tersebut. Negara kita dalam menjalankan roda perekonomiannya juga menerapkan sistem ekonomi tertentu. Sistem ekonomi apakah yang diterapkan di negara kita?

Sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia adalah sistem ekonomi Pancasila, yang di dalamnya tekandung demokrasi ekonomi. Demokrasi ekonomi berarti bahwa kegiatan ekonomi dilakukan dan. oleh. dan untuk rakyat di bawah pengawasan pemerintah hasil pemilihan rakyat. Dalam pembangunan ekonomi masyarakat berperan aktif, sementara pemerintah berkewajiban memberikan arahan dan bimbingan serta menciptakan iklim yang sehat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



Salah satu cm positif demokrasi ekonomi adalah potensi, inisiatif. dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum. Setiap kreativitas warga negara diakuidan diben kesempatan untuk dikembangkan. Negara sangat menghargai setiap usaha dan upaya warga negaranya dalarn rnembangun perekonomian. Kita semua termasuk kamu sebagai pelajar yang berprestasi memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri dan memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membangun perekonomian negara.
Sumber Pustaka: Yudhistira