Faktor Penghalang Perubahan Sosial Budaya Dalam Sosiologi

Faktor Penghalang Perubahan Sosial Budaya



Di samping faktor yang mendorong terjadinva suatu perubahan, terdapat juga beberapa faktor yang menghalangi teradinva perubahan di dalam masyarakat. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut.


  1. Kurangnya hubungan dengan masvarakat lain rnenyebabkan suatu masyarakat tidak mengetahui perkembarigan yang terjadi pada masyarakat lain yang dapat memperkava kebudavaan sendiri.
  2. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat yang disebabkan oleh kehidupan masyarakat yang tertutup.
  3. Sikap masyarakat yang masih mengagungkan tradisi masa lampau dan cenderung konservatif.
  4. Adanya kepentingan yang sudah tertanam kuat (zested interest). Orang selalu mengidentifikasi din dengan usaha dan jasa-jasanya.
  5. Rasa takut akan terjadinva kegovahan pada integrasi kebudayaan.
Adanya kekhawatiran pada masyarakat akan adanva unsur-unsur liar yang dapat menggoyahkan integrasi dan menimbulkan perubahan pada aspek-aspek tertentu di dalam masyarakat.
  • Prasangka terhadap hal-hal baru atau asing atau sikap yang tertutup, terutama yang datang dan barat. Pengalaman pahit selama masih penjajahan, misalnya, dapat menimbulkan sikap penuh cuniga dan khawatir terhadap datangnva unsur-unsur baru.
  • Hambatan-hambatan yang bersifat ideologis. Setiap usaha perubahanpada unsur-unsur budaya rohaniah. biasava diartikan dengan usaha yang berlawanan dengan ideologi masvarakat yang sudah menjadi dasar integrasi masyarakat tersebut.
  • Kebiasaan tertentu dalam masvarakat yang cenderung sukar diubah.
Sumber Pustaka: ESIS