Gejala-Gejala Dan Bentuk Perubahan Dalam Modernisasi

Gejala-Gejala Dan Bentuk Perubahan Dalam Modernisasi



Gejala-gejala modernisasi dapat ditinjau dan berbagai bidang modernisasi kehidupan manusia berikut ini.
  • Bidang biidaya, ditandai dengan semakin terdesaknya budaya tradisional oleh masuknya pengaruh budaya dan luar, sehingga budava ash semakin pudar. Contohnya, budaya gotong rovong dalam masyarakat sudah semakin langka karena telah diganti dengan budaya komersial serta adat istiadat perkawinan dilakukan dengan cara yang praktis yang tidak memakan waktu lama serta biava besar.
  • Bidang politik, ditandai dengan semakin banyaknya negara yang lepas dan penjajahan, muncunya negara-negara yang baru merdeka, tumbuhnva negara-negara demokrasi, lahirnya lembaga-lembaga politik, dan semakin diakuinya hak-hak asasi manusia.
  • Bidang ekonomi, ditandai dengan semakin kompleksnya kebutuhan manusia akan barang-barang dan jasa sehingga sektor industri dibangun secara besar-besaran untuk memproduksi barang. Dengan demikian, kita akan semakin mudah untuk memperoleh barang dan jasa.
  • Bidang sosial, ditandai dengan semakin banyaknya kelompok baru dalam masyarakat, seperti kelompok buruh, kaum intelektual, kelompok manajer, dan kelompok ekonomi kelas (keas menengah dan kelas atas). Dengan demikian, terdapat banyak ragam spesialisasi pekerjaan sesupi dengan perannya.


Bentuk Perubahan dalam Modernisasi


Bentuk perubahan dalam pengertian modernisasi adalah perubahan yang terarah (directed change) yang didasarkan pada suatu perencanaan. Objek perubahan tersebut adalah seluruh aspek yang terkait dengan manusia. Aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut.
  • Aspek sosio demografi, yaitu proses perubahan unsur-unsur sosial, ekonomi, dan psikologi masyarakat, seperti pola perilaku dan peningkatan pendapatan.
  • Aspek struktur organisasi sosial, yaitu perubahan unsur-unsur dan norma-norma kemasyarakatan yang terwujud apabila manusia mengadakan hubungan dengan sesamanya di dalam kehidupan bermasyarakat.
Modernisasi menyangkut perubahan sikap dan mentalitas, pengetahuan, keterampilan, serta struktur sosial masyarakat menuju suatukehidupan yang modern (sesuai tuntutan zaman). Gejala modernisasi ditandai dengan majunya pendidikan, teknologi, dan perekonomian, serta pesatnya urbanisasi.
Sumber Pustaka: ESIS