Gejala Modernisasi Serta Globalisasi Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi



Ilmu pengetahuan memungkinkan kita untuk melakukan berbagai tindakan. Dengan ilmu pengetahuan, manusia dapat bertindak dan bekerja untuk menghasilkan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Prinsip-prinsip kilmuan yang menghasilkan sesuatu yang berarti bagi kehidupan terwujud dalam teknologi.

Modernisasi dalam bidang iptek harus pula diikuti oleh pengembangan sumber daya manusia secara terarah, terpadu, terencana, dan menyeluruh, sehingga hasilnya benar-benar bermanfaat agi kehidupan manusia dengan dampak negatif yang relatif kecil. Hasil-hasil teknologi yang telah dicapai sebaiknya tidak membuat kita cepat puas, melainkan harus terus dapat kita tingkatkan menjadi lebih baik.



Modernisasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sebenarnya bukan hanya milik negara-negara maju. Negara berkembang, seperti Indonesia, mutlak memerlukan modernisasi di bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi karena modernisasi merupakan bentuk perubahan ke arah yang lebih maju untuk dapat menyejahterakan anggota masyarakatnya. Perkembangan ini harus pula dikendalikan agar meiniliki dampak dan manfaat bagi semua lapisan masyarakat. Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menciptakan manusia-manusia yang berkualitas.

Kemajuan ilmu pengetahuan selalu diikuti dengan kemajuan teknologi. Hal ini terbukti dengan banyaknya penemuan dalam bidang teknologi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Contohnya


  1. Penemuan teleon sebagai alat telekomunikasi yang membawa kemudahan bagi penggunanya. Setelah itu berkembang pula faksiinili, handphone, internet, dan lain-lain.
  2. Penemuan alat transportasi dan yang paling ringan, seperti sepeda dan andong sampai dengan penemuan alat-alat transportasi lainnya yang dapat digunakan baik di darat, laut maupun udara. Penemuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya.
  3. Penemuan peralatan kantor, seperti mesin ketik sampai dengan komputer yang dapat membantu menyimpan dan mengolah data. Penemuan ini selanjutnya berkembang pada penemuan yang lebih canggih, yaitu Internet.
  4. Penemuan sumber daya alam untuk kebutuhan hajat hidup manusia, seperti energi listrik dan tenaga surya dan tenaga air, gas alam, dan batu bara.
  5. Ditemukannya alat-alat pertanian, seperti traktor sebagai pengganti bajak dan alat penggiling padi.
  6. Ditemukannya berbagai alat hiburan/rekreasi yang terdapat di rumah-rumah, seperti televisi, radio, VCD, play station, sampai alat rekreasi yang berada di tempat hiburan, seperti jet coaster.
  7. Ditemukannya berbagai perlengkapan rumah tangga, seperti kompor gas, inicrowave, mesin cuci, dan perlengkapan-perlengkapan lainnya.
Contoh-contoh di atas hanya sebagian kecil dan basil kemajuan ilmu pengetahuan. Masih banyak lagi penemuan-penemuan lain di berbagai bidang, seperti di bidang kesehatan dan pertanian.

Di Indonesia, pengembangan ilmu pengetahuan dan telmologi mempunyai dampak yang cukup baik. Inisalnya, di bidang pertanian, dengan ditemukannya berbagai varietas palawijaya, petani dapat meningkatkan hasil pertaniannya. Di bidang industri. kita dapat menikmati hasil penemuan teknik pembuatan komponen elektronika. Di bidang telekomunikasi, kita dapat menikmati basil pengorbitan satelit Palapa.
Sumber Pustaka: ESIS