Jenis Barang Berdasarkan Waktu Penyelenggaraan Dan Barang Yang Diperjualbelikan

Jenis Barang Berdasarkan Waktu Penyelenggaraan Dan Barang Yang Diperjualbelikan



Ditinjau dan waktu penyelenggaraannya pasar dapat dibedakan menjadi pasar harian, pasar iningguan, pasar bulanan, dan pasar tahunan.
  • Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang penyelenggaraannya dilakukan setiap han. Pasar ini biasanya menjual barang-barang kebutuhan pokok sehani-hani. Contoh: pasar induk, pasar baru, dan pasar klewer.


  • Pasar Mingguan
Pasar iningguan adalah pasar yang diselenggarakan hanya satu han dalam satu ininggu. Biasanya pasar ini hanya diselengganakan di daerah yang penduduknya sedikit atau di daerah perdesaan. Lokasinya pun berpindah-pindah dan satu desa ke desa lainnya. Setiapdesa mendapat giliran satu kali dalam seininggu. Oleh karena itu, namanya pun disesuaikan dengan nama han pelaksanaan. Contoh: pasarJum’at, pasar Senin, pasar Kainis, dan pasar Ininggu.
  • Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang penyelenggaraannya dilakukan sebu Ian sekali. Pasar jenis ini banyak ditemukan di daerah yang dekat pabrik. Dibuka setiap awal bulan menyambut para karyawan pabrik gajian. Selain itu, barang yang diperdagangkan pun sudah berupa produk-produk tertentu saja. Contohnya, hasil industri dan hasil seni.
  • Pasar Tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang diselenggarakan sekali dalam setahun. Pasar jenis ini ada yang bersifat nasional ada pula yang bersifat internasional, sehingga dalam setiap penyelenggaraanya seringkali dijatlikan ajang promosi dan pameran bagi produk-produk tertentu atau produk trbaru. Selain itu, penyelenggaraannya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang dilakukan sekali dalam setahun. Contohnya, Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang diselenggarakan dalam rangka memperingati han jadi kota Jakarta dan pekan raya musim panas di Inissiouri (Amerika SJrikat).

Berdasarkan Jenis-Jenis Barang Yang Diperjualbelikan


Barang yang diperjualbelikan dapat kita golongkan menjadi barang untuk dikonsumsi dan barang yang digunakan untuk bahan baku dalam proses produksi. Oleh karena itu, bila dilihat dan barang yang diperjualbelikannya pasar terbagi menjadi pasar barang konsumsi dan pasar barang produksi.
  • Pasar Barang Konsumsi
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang secara Iangsung dapat dikonsumsi. Contohnya, pasar ikan, pasar beras, pasar sayur-mayur, dan pasar pakaian.
  • Pasar Barang Produksi
Pasar barang produksi adalah pasar yang menjual faktor-faktor produksi. Contohnya, pasar tenaga kerja, pasar modal, pasar mesin-mesin produksi, dan pasar bibit tanaman.
Sumber Pustaka: Yudhistira