Jenis-Jenis Hak Asasi Manusia Beserta Contohnya

Jenis Hak Asasi Manusia


Secara garis besar hak asasi manusia dikelompokkan menjadi enam.
  • Hak asasi pribadi (personal rights)
Hak asasi pribadi dicontohkan dalam hak kebebasan beragama dan beribadat sesuai keyakinan masing-masing serta hak menyatakan pendapat dan kebebasan berserikat atau berorganisasi.

  • Hak asasi ekoiromi (property rights)
Hak asasi ekonomi, misalnya hak memiliki sesuatu, hak membeli atau menjual sesuatu, serta hak untuk mengadakan perjanjian atau kontrak.
  • Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan (rights of legal equality)
Hak ini iebih dikenal sebagai hak kesamaan hukum.
  • Hak asasi politik (pqlitical rights)
Hak untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak memilih dan dipilih dalam pemilu, hak untuk mendirikan partai politik, serta hak untuk mengajukan petisi, kritik, atau saran.
  • Hak asasi sosial dan kebudayaan (social and cultural rigts)
Hak asasi sosial dan kebudayaan, misalnya hak untuk memperoleh pendidikan, hak untuk mengembangkan kebudayaan, dan sebagainya.
  • Hak Asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara dan perlindungan hukum (procedural rights)
Hak ini dicontohkan dalam hak untuk mendapatkan perlakuan yang wajar dan adil dalam penangkapan, penggeledahan, penyidikan, peradilan, dan pembelaan hukum. Dalam praktiknya, hak asasi manusia tidak dapat dilaksanakan secara bebas dan mutlak sebab pelaksanaan hak asasi secara mutlak akan menganggu hak-hak orang lain.

Contoh


Contoh, setiap orang memiliki hak untuk bicara. Dalam praktiknya ia tidak dapat menggunakan hak bicara sesuka hati. Berbicara harus dilaksanakan secara hari-hati agar tidak menyinggung perasaan orang lain serta tidak melanggar norma yang berlaku. Jadi, kebebasan pelaksanaan hak asasi manusia adalah kebebasan yang bertanggung jawab, artinya bebas yang senantiasa dilandasi oleh tata nilai, norma, serta memperhatikan hak-hak orang lain.
Sumber Pustaka: Yudhistira