Jenis Pasar Berdasarkan Luas Wilayah Kegiatan Dan Organisasi Pasar

Jenis Pasar Berdasarkan Luas Wilayah Kegiatan Dan Organisasi Pasar



Berdasarkan luas wilayah kegiatannya, pasar dapat dikelompokkan menjadi pasar lokal,
pasar nasional, pasar regional, dan pasa internasional.
  • Pasar Lokal
Pasar lokal adalah pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu. Umumnya pasar mi hanya menawarkan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitarnya. Dengan demikian, bentuk dan jenis barang yang ditawarkan sangat dipengaruhi oleh selera atau sosial budaya masyarakathya. Contohnya, karena pengaruh budaya permintaan akan kain batik di Yogyakarta tinggi sehingga pasar-pasar di propinsi mi banyak menjual kain batik. Kondisi tersebut tidak berlaku di daerah lain, pemakaian kain batik tidak sebanyak di Yogyakarta karena budaya dan sosialnya sudah berbeda.


  • Pasar Nasional
Pasar nasional adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara atau bangsa tertentu. Produk yang dijual hanya barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat negara atau bangsa tersebut. Contohnya, pasar modal dan pasar tenaga kerja.
  • Pasar Regional
Pasar regional adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara pada suatu wilayah tertentu. Pasar regional biasanya diwadahi oleh perkumpulan atau kelompok negara-negara di wilayah tertentu, seperti kerja sama perdagangan negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam Asean dan pasar bersama negara-negara Eropa. Contohnya, pasar beras dan pasar pupuk.
  • Pasar Internasional
Pasar internasional adalah pasar yang wilayah pemasarannya mencakup seluruh k√°wasan di dunia. Komoditi yang dijual pun merupakan produk-produk yang dibutuhkan semua masyarakat dunia. Oleh karena itu, pasar mi disebut juga dengan pasar dunia. Contohnya, pasar wol di Sidney dan pasar kopi di Santos Brazil serta perdagangan minyak bumi dan gas.

Berdasarkan Organisasi Pasar


Makna dan organisasi pasar adalah hubungan antara penjual dan pembeli di pasar. Ditinjau dan sejauh mana pengaruh penjual dan pembeli dalam menentukan harga, pasar dapat dibagi menjadi 2 kelompok berikut.
  • Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market)
Pasar persaingan sempurna adalah pasar dimana terdapat banyak penjual dan banyak pembeli, sehingga baik penjual dan pembeli tidak dapat menentukan harga sendiri. Poin-poin berikut mi merupakan ciri-ciri pasar persaingan sempurna.
  1. Penjual dan pembeli banyak.
  2. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen.
  3. Penjual dan pembeli bebas keluar-masuk pasar tanpa hambatan.
  4. Pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar sempurna.
  • Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Imperfect Competition Market)
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang dikuasai oleh satu atau beberapa penjual, dimana jumlah penjual lebih sedikit dan jumlah pembeli.

Poin-poin berikut mi merupakan ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna.
  1. Jumlah penjual sedikit.
  2. Barang yang diperjualbelikan bersifat tidak homogen.
  3. Terdapat hambatan untuk memasuki pasar.
  4. Pengetahuan pembeli tentang pasar terbatas.
Perlu kamu ketahui yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar monopoli, pasar persaingan monopolistik, dan pasar oligopoli.
Sumber Pustaka: Yudhistira