Jenis Perairan Darat Air Tanah Dan Manfaatnya

Jenis Perairan Darat Air Tanah Dan Manfaatnya



Air tanah (ground water) adalah air yang berada di bawah permukaan tanah, baik di dalam lapisan tanah maupun pori-pori tanah. Air tanah berasal dan hujan, saiju, ataupun bentuk-bentuk curahan lainnya yang meresap masuk ke dalam tanah dan tertampung pada lapisan kedapair di dalam tanah. Proses masuknya air ke dalam tanah (infiltrasi) melalui berbagai media peresapan, antara lain:


  1. pori-pori tanah,
  2. vegetasi penutup pada permukaan bumi,
  3. retakan lapisan tanah akibat kekeringan, dan
  4. kegiatan hewan yang membuat rongga tanah.
Kandungan air tanah suatu daerah dapat dipengaruhi oleh:
  1. iklim atau musim (banyaknya hujan),
  2. kondisi penutup lahan,
  3. kondisi geomorfologi dan geologi (macam batuan), dan
  4. aktivitas manusia.
Air tanah dapat dibedakan menjadi 2 (dua) macam, yaitu sebagai berikut.
  1. Air tanah preatis adalah air tanah yang terletak di atas lapisan kedap air (impermeable), tidak jauh dan permukaan tanah. Air preatis sangat dipengaruhi oleh resapan air di sekitarnya. Air preatis dapat diperoleh melalui sumur dan mata air. Pada waktu musim kemarau air tanah preatis akan berkurang, seclangkan pada musim penghujan akan bertambah. Air tanah preatis disebut juga air tanah permukaan atau air tanah bebas.
  2. Air tanah artesis adalah air tanah yang letaknya jauh di dalam tanah, di antara dua lapisan batuan yang tidak dapat ditembus air atau lapisan kedap air. Air artesis berasal dan air hujan yang meresap dan berkumpul di daerah yang Iebih rendah, di antara dua lapisan batuan kedap air pada lereng-lereng pegunungan. Air tanah artesis disebut juga air tanah tertekan atau air tanah tidak bebas. Ada dua cara untuk mendapatkan air artesis, yaitu sebagai berikut.
  • Memancar ke luar dengan sendirinya atau secara alami, karena adanya tekanan hidrostatis. Hal mi dapat teijadi karena suatu retakan (celah) pada batuan kedap air di suatu lembah. Air yang memancar ke permukaan tersebut dinamakan sumur memancar (flowing well).
  • Dengan melakukan pengeboran menembus batuan kedap air samp ke lapisan yang tidak kedap air. Kedalaman lapisan mi berbeda-beda ada yang sampai puluhan meter bahkan ratusan meter dalamnya. Dengan menggunakan mesin pemompa, air dinaikkan. Sumur pengeboran air artesis dinamakan sumur artesis.
Air tanah rnempunyai peranan sangat penting bagi kehidupan di permukaan bumi, yaitu sebagai berikut.
  1. Menyediakan air secara terus menerus, baik pada bulan-bulan kering maupun bulan-bulan basah.
  2. Mengalir dan mengisi sungai, danau, dan rawa.
  3. Dimanfaatkan manusia untuk kegiatan pertanian dan peternakan.
  4. Dimanfaatkah manusia sebagai sumber air minum dan kebutuhan lainnya, seperti menggali atau mengebor sumur.
  5. Dimanfaatkan manusia yang hidup di tanah kering atau daerah gurun sebagai sumber air mmum dan kebutuhan lainnya, seperti oase.
  6. Dimanfaatkan manusia sebagai obyek wisata atau tempat rekreasi, seperti geyser (pancaran mata air panas), mata air dingin, dan mata air bawah tanah di daerah gua-gua kapur.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact