Kaitan Patriotisme Dengan Cinta Tanah Air Indonesia

Kaitan Patriotisme Dengan Cinta Tanah Air



Patriotisme berarti sikap mau mengorbankan segala-galanya demi kejayaan dan kernakmuran tanah airnya. Adapun perwujudannya dapat dilihat melalui contoh berikut ini.



  1. Perjuangan untuk mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia sudah dimulai sejak dulu, meskipun masih bersifat kedaerahan dan memerlukan pengorbanan, baik harta maupun jiwa. Untuk itu hendaknya kita tidak rnenyia-nyiakan hasil perjuangan tersebut, yaitu mengisi kemerdekaan dengan pembangunan agar dapat mempercepat tercapainya tujuan bangsa Indonesia.
  2. Pernbangunan yang sedang kita laksanakan mencakup beberapa hal baik pembangunan material maupun spiritual, yang mencakup bidang pendidikan, sosial, budaya, politik, ekonomi, pertahanan keamanan dan sebagainya.
  3. Dalam pelaksanaan pembangunan generasi muda diharapkan berpartisipasi, sebab keberhasilan pembangunan terletak di pundak generasi penerusnya, yaitu pemuda. Oleh karena itu, pemuda maupun pemudi rnempunyai hak yang sama dalam segala kegiatan pembangunan.
  4. Untuk lebih memberikan peranan dan tanggung jawab kepada pemuda, maka pemuda perlu meningkatkan keterampilan, agar dapat melahirkan sumber daya manusia, dan menumbuhkan etos kerja yang lebih efisien seperti yang ditunjukkan dalam GBHN tahun 1993.
  5. Wanita sebagai initra yang sejajar dengan pria harus dapat berperan dalam pembangunan dan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta ikut melestarikan nilainilai Pancasila. Oleh karena itu, perlu dikembangkan iklirn sosial budaya yang mendukung mereka agar dapat menciptakan dan memanfaatkan kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkannya melalui peningkatan pengetahuan, keahlian, dan keteranipilan dengan tetap memperhatikan kodrat serta harkat martabat kaum wanita.
Sumber Pustaka: PT. Pabelan