Kebajikan Bagi Diri, Masyarakat, Bangsa Dan Negara

Kebajikan Bagi Diri, Masyarakat, Bangsa Dan Negara



Tiap warga negara memiliki kebebasan, yang merupakan bagian dan hak asasi manusia. Di samping memiliki kebebasan, manusia juga memiliki kewajiban. Kewajiban tiap warga negara antara lain: membela negara, setia kepada negara, menaati UUD dan peraturan negara, membayar pajak, bekerja, dan membangun negara. Di dalam hubungannya dengan sesame manusia dan warga negara, kita wajib menghormati hak orang lain, kebebasan orang lain, pendapat orang lain, nieskipun orang lain itu berbeda agama, atau paham, maupun pendapat. Kita tidak boleh bertindak sewenang-wenang terhadap seseorang karena negara kita adalah negara hukum, semua tindakan berdasarkan hukum.

Sebagaimana kita ketahui dan kita alami sendiri, bahwa kita hidup dalam masyarakat dan negara. Tiap-tiap manusia hidup bersama orang lain dan mereka saling berhubungan dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan, sandang, tempat tinggal, pendidikan, hiburan, kesenian, perasaan tenteram, perasaan aman, dan peiasaan bahagia. Kita memerlukan pemenuhan kebutuhan hidup dan harapan yang lebih tinggi. Di dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara hendaknya kita bisa menempatkan din sebagai warga masyarakat atau warga negara yang baik.



Berdasarkan sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, setiap orang adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa yang berhak mendapatkan perlakuan sebagai manusia pribadi yang demikian setiap manusia perlu.saling menghormati dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan baik sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa maupun sebagai sesama manusia atau sebagai bangsa. Seseorang tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain serta menghargai dan menghormati orang lain merupakan suatu perlakuan yang adil dan beradab, yaitu perlakuan yang memandang dan xnemperlakukan orang lain sebagai pribadi yang pantas dihargai. Saling memperhatikan, saling menghargai, saling menghormati kebebasan orang lain adalah sifat-sifat yang baik yang dapat dikembangkan dalam kehidupan bersama, sehingga orang lain merasa hidup dengan tenteram.

Banyak contoh perwujudan kebajikan seseorang dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, antara lain.
  1. seseorang yang sedang belajar di dalam kelas tidak akan berteriak dan mengganggu teman lain yang sedang belajar;
  2. seseorang bebas untuk mencari ilmu pengetahuan, tetapi ilmu yang diperolehnya dipergun akan untuk kepentingan dan kesejahteraan orang banyak;
  3. seseorang yang mempunyai perusahaan besar, dan dengan usaha itu ia membantu orang lain denganjalan menyediakan lapangan kerja; dan
  4. mengakui dan menghargai kelebihan orang lain sebagai prestasi yang tidak dapat kita peroleh.
Sumber Pustaka: PT. Pabelan