Keunggulan Demokrasi Pancasila Dibandingkan Dengan Demokrasi Lainnya

Keunggulan Demokrasi Pancasila Dibandingkan Dengan Demokrasi Lainnya



Seprti kita ketahui bersama bahwa di egara-negara lain juga berjalan pemerintahan dengan sistem demokrasi. Sistem demokrasi yang dijalankan oleh tiap-tiap negara juga berlainan, ada demokrasi liberal, demokrasi yang dilaksanakan di negara komunis, demokrasi Pancasila, dan sebagainya. Di negara Indonesia menjalankan sistem demokrasi Pancasila, yang peiaksanaannya didasarkan pada Pancasila. Keunggulan-keunggulan demokrasi Pancasila, yaitu sebagai berikut.


  1. Dalam demokrasi Pancasila tèrdäpat keseimbangan antara kepentingan pribadi dan kepentingan bersama atau kepentingan negara.
  2. Tidak ada golongan oposisi (pihak penentang).
  3. Tidak ada golongan mayoritas (kuat) menguasai atau menindas golongan minoritas atau golongan yang lemah.
  4. Segala keputusan diusahakan melalui musyawarah untuk mufakat.
  5. Terhadap mereka yang tidak menyetujui rancangan keputusan tetap, dihargai sebagai golongan yang berinisiatif maupun kreatif, sepanjang masih cinta terhadap Pancasila, bangsa, dan negara.
Apabila dibandingkan dengan pelaksanaan demokrasi pada zaman Orde Lama, pelaksanaannya lebih diwarnai oleh kebijaksanaan sang pemimpin, sehingga ada kemungkinan suatu rancangan keputusan dipengaruhi oleh pemimpin. Dilihat dan segi demokrasi, hal itu dinilai kurang sempurna.

Dalam demokrasi yang dilaksanakan pada zaman orde lama kebijaksanaannya lebih condong ke pihak negara komunis, hal mi terlihat pada politik luar negeri yang berporos di Jakarta, Hanoi, Peking, dan Pyong Yang. Kota.kota itu merupakan Ibu kota negara beraliran komunis, maka secara tidak langsung dipengaruhi oleh aliran komunis. Sebagai bukti adalah meletusnya pemberontakan G-30-S/PKI, di mana negara RRC memberikan bantuan senjata pada pemudapemuda untuk melancarkan gerakannya.
Sumber Pustaka: Pabelan