Komponen Menceritakan Pengalaman Menarik

Komponen Menceritakan Pengalaman Menarik



Ketika Menyampaikan Pidato dalam rapat pelantikan pengurus karang taruna "mekar Sari" yang baru, kepada desa meminta pengurus yang baru berkonsultasi kepada pengurus yang lama. Hal mi karena pengurus yang lama dapat menceritakan pengalaman mereka selama menjadi pengurus karang taruna. Pengalaman mi akan berguna sebagai langkah kerja kedepannya. Kamu juga perlu menceritakan pengalaman yang pernah kamu lihat atau saksikan. Kamu akan menceritakan pengalaman karena melihat langsung suatu kejadian, terutama karena kejadian tersebut mempunyai kesan tersendiri bagimu. Ketika kamu bercerita kepada orang lain, biasanya, orang akan memberikan tanggapan berupa pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa yang kamu ceritakan.



Selanjutnya, kamu diharapkan mampu memberikan jawaban atas pertanyaan dengan menggunakan pilihan kata, struktur, logika, dan pelafalan yang tepat. Untuk dapat menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh orang lain terhadap peristiwa yang diceritakan, hendaknya kamu mencatat pokok-pokok peristiwa yang dilihat langsung. Pada saat bercerita, hendaknya kamu menggunakan kalimat yang singkat, tetapi jelas.

Sekarang, salah seorang temanmu akan menyampaikan kutipan cerita berikut ini! Tanggapi cerita yang disampaikannya itu! Lakukan tanyajawab dengan dibimbing oleh gurumu!

Rabu, tanggal 26 Januari 2005 sekitar pukul 10.00, saya melihat gelar operasi ketertiban lalu lintas di Jalan Tentara Pelajar, Magelang. Operasi ketertiban lalu lintas im dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Poiresta Magelang, Iptu Rizka Anungnata. Kurang lebih 30 kendaraan roda dua terjaring operasi ketertiban tersebut. Ada yang disebabkan menggunakan ban yang tidak standar (ban kecil) dan sebagian ada pula yang berkendaran protolan (tanpa kaca spion, lampu sen, dan lampu rem). Khusus sepeda motor yang menggunakan ban kuran kecil, diminta menggantinya dengan ban standar ukuran tebal 80 mm lebar 90 mm ring 17, sedangkan yang protolan diminta memasang semua perlengkapannya. Selain itu, ada pula yang terjaring karena tidak memiliki surat izin mengemudi (S TM) dan tidak membawa STNK.

Dan beberapa orang yang terkena operasi, hanya dua orang yang ditertibkan karena penggunaan helm yang tidak standar. Mereka hanya diperingatkan, sedangkan lainnya diberi surat bukti pelanggaran (tilang).

Para anggota polisi lalu lintas itu juga memasang papan kontrol kecelakaan lalu lintas di dekat pos lantas Bayeman. Papan itu selain mengingatkan pengendara bahwa jalan itu rawan kecelakaan, juga berisi daftar orang yang meninggal, luka berat, dan luka ringan karena kecelakaan di jalan tersebut. Di samping itu, saya melihat beberapa spanduk di Jalan A. Yani yang isinya imbauan agar ban sepcda motor jangan diganti ban ukuran kecil.

Sumber Pustaka: Ganeca Exact