Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM)

Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM)



Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) adalah organisasi advokasi kebijakan yang berdiri sejak Agustus I 993 di Jakarta. Lembaga mi awalnya berbentuk yayasan, dan dalam perkembangannya berubah menjadi perkumpulan pada 8 Juli 2002.

Lembaga yang beràsaskan Pembukaan UUD 1945 dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia itu mernpunyai tujuan mewujudkan tatanan masyarakat yang berpegang kepada nilai-nilai hak asas manusia, keadilan, dan demokrasi, balk dalam rumusan hukum maupun dalam pelaksanaannya. Karenanya, untuk mencapai tujuan tersebut, ELSAM melakukan usahau saha sebagai berikut:



  1. Melakukan pengkajian terhadap kebijakan-kebijakan (policies) dan! atau hukum (laws and regulations), penerapan, serta dampaknya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan masyarakat;
  2. Mengembangkan gagasan dan konsepsi atau alternatif kebijakan atas hukum yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat dan melindungi hak asasi manusia;
  3. Melakukan advokasi dalam berbagal bentuk bagi pemenuhan hak-hak, kebebasan, dan kebutuhan masyarakat yang berkeadilan;
  4. Menyebarluaskan informasi berkenaan dengan gagasan, konsep, dan kebijakan atau hukum yang berwawasan hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan di tengah masyarakat luas.

Dalam hal kegiatan ELSAM mempunyai empat kegiatan utama, yaitu studi kebijakan dan/atau hukum yang berdampak pada hak asasi manusia, advokasi hak asasi manusia dalam berbagal bentuknya, pendidikan dan pelatihan hak asasi manusia, dan penerbitan serta penyebaran informasi hak asasi manusia.

Kontras (Korbari Tindak Kekerasan dan Orang Hilang)


Kontras adalah lembaga swadaya masyarakat yang bertujuan untuk melindungi, dan membela korban tindak kekerasan. Pemberian perlindungan terhadap upaya selaras penegakan hak asasi manusia juga dapat melakukan pengadilan hak asasi manusia serta komisi kebenaran dan rekonsiliasi.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact