Macam-Macam Disiplin Dalam Membina Ketahanan Nasional

Macam-Macam Disiplin Dalam Membina Ketahanan Nasional



Menurut Instruksi Presiden, Nomor 12 tahun 1982 tentang “Pendidikan Politik bagi Generasi Muda”, terdapat tiga macam disiplin, yàitu
  • disiplin pribadi;
  • disiplin sosial;
  • disiplin nasional.
Seorang warga negara yang memiliki sikap disiplin pribadi, sosial, dan nasional terlihat dalam ciri-cirinya sebagai berikut.


  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu;
  2. Patuh terhadap aturan dan hukum, baik pada lingkungan keluarga, tempat bermain, organisasi, maupun perkumpulan olahraga.
  3. Patuh terhadap hukum dan undang-undang nasional.
  4. Menjaga kelestarian dan keserasian alam, lingkungan hidup, dan kependudukan.
  5. Selalu berusaha menumbuhkan suasana kehidupan yang sehat, tertib, dan diriainis.

Ketiga macam disiplin tersebut, harus diiniliki oleh setiap warga negara Indonesia agar ketahanan nasional kita semakin mantap.

Disiplin pribadi


Setiap orang yang menghendaki keberhasilan dan kesuksesan, sudah seharusnya membiasakan dirinya hidup dengan pola dan sikap disiplin. Sikap disiplin ini harus dimulai dan disiplin diri sendiri atau yang diriamakan dengan disiplin pribadi.

Disiplin pribadi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Berdisiplin dalam menggunakan waktu, menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita, disiplin dalam belajar, istirahat, makan, dan bermain.

Orang yang meiniliki sikap hidup berdisiplin tampak dalam tingkah laku dan perbuatannya. Ia selalu menghargai waktu dan menaati segala peraturan kapan dan di manapun berada.

Disiplin pribadi sangat besar pengaruhnya dalam membentuk kemauan bekeila keras. Sikap mau bekerja keras, berarti selalu mengerahkan segala kemampuan yang diiniliki secara optimal untuk mencapai suatu tujuan. Membiasakan hidup disiplin secara otomatis akan menciptakan pola bekerja keras. Dengan sikap ini keberhasilan dan kesuksesan dapat diperoleh dengan mudah.

Karena itu, kita harus membiasakan diri hidup disiplin, dan hal-hal yang kecil hingga ke hal-hal yang besar. Waktu inisalnya, kita harus dapat memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal yang menjadi tanggung jawab kita secara, optimal.

Disiplin sosial


Sebagai makhluk sosial yang hidup bemasyarakat, manusia harus meiniliki disiplin sosial. Disiplin sosial adalah ketaatan seseorang terhadap aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sebagai seorang pelajar, kita harus membiasakan diri berdisiplin di tengah-tengah masyarakat, mematuhi segala peraturan dan norma yang berlaku sehingga tercipta kehidupap yang selaras, serasi, dan seimbang. Kekacauan yang sering terjadi, antara satu sama lain dalam lingkungan masyarakat adalah akibat dan tidak adanya kemauan bersikap saling menghormati dan pola hidup disiplin. Hal ini juga akan mengakibatkan suasana yang tidak nyaman dan tenteram. Oleh karena itu, membiasakan diri
hidup berdisiplin sosial sangat penting manfaatnya dalam membangun persatuan dan kesatuan masyarakat.

Disiplin nasional


Disiplin nasional diartikan sebagai ketaatan yang disertai kesadaran terhadap hukum-hukum, norma-norma, dan kewajiban yang telah disepakati bersama. Artinya, seorang warga negara yang meiniliki disiplin nasional akan menaati hukum, norma, dan kewajiban yang telah disepakati bersama dengan penuh kesabaran. Ketaatan pada norma, hukum, dan kewajiban ini tidak hanya pada tingkat nasional, tetapi pada tingkat kelembagaan, bahkan pada tingkat yang lebih kecil dan itu.

Disiplin nasional sangat penting bagi usaha membina ketahanan nasional. Ketahanan nasional adalah usaha mempertahankan keutuhan negara dan menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Ketahanan nasional meliputi beberapa bidang, antara lain sebagai berikut.
  1. Ketahanan di bidang ideologi nasional.
  2. Ketahanan di bidang politik.
  3. Ketahanan di bidang ekonoini.
  4. Ketahanan di bidang sosial dan budaya.
  5. Ketahanan di bidang pertahanan dan keamanan.

Ketahanan nasional ini akan kuat apabila disiplin nasional telah menjadi kepribadian setiap warga negara. Karena itu, disiplin nasional harus diiniliki oleh semua warga negara Indonesia, tanpa kecuali. Para penyelenggara negara dan pemerintah, dan tingkat pusat sampai ke daerah-daerah dan masyarakat pada umumnya, harus seiring dalam mengemb angkan sikap disiplin nasional. Apabila seluruh warga negara kita telah meiniliki sikap hidup berdisiplin maka ketahanan nasional bangsa Indonesia akan kuat sehingga dengan demikian kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara akan terus dapat terpelihara.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih