Makna Dan Prinsip Kasih Sayang Dalam Berbagai Organisasi Kemasyarakatan

Makna Dan Prinsip Kasih Sayang Dalam Berbagai Organisasi Kemasyarakatan



Negara merupakan suatu kesatuan masyarakat yang di dalamnya terdapat manusia. Manusia sebagai anggota masyarakat negara mempunyai hak, kewajiban serta tanggung jawab yang sama dalam memikul beban untuk mewujudkan tujuan negara. Pada masa sekarang negara kita sedang giat-giatnya membangun. Hal ini menuntut kita, khususnya para pemuda untuk turut berusaha dan bertanggung jawab di segala bidang kehidupan. Sukses tidaknya pembangunan tergantung kepada kita, dan han depan bangsa kita menjadi tanggungjawab generasi penerus yaitu para pemuda. Untuk itu para pemuda harus:


  1. mampu dan berkeinginan keras untuk selalu belajar dan menambah pengetahuan yang baik serta berguna bagi pribadi, juga masyarakat, bangsa dan negara;
  2. dapat berpikir kritis;
  3. mampu mengemukakan/menyampaikan pengetahuan yang dimiliki baik secara lisan maupun tertulis;
  4. mampu dan mempunyai kesadaran yang tinggi untuk memelihara alam serta sumber-sumbernya juga memelihara;
  5. memiliki pengetahuan serta kesadaran yang tinggi terhadap masalah-masalah di sekeliling kita, baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.
Hal-hal di atas bukan sekedar untuk diketahui saja, tetapi yang penting pengamalannya. Hal itu dapat dimulai dengan latihan dalam kehidupan organisasi kemasyarakatan, khususnya organisasi pemuda. Sebab dengan organisasi itu seluruh potensi kaum muda dapat terhimpun sehingga mampu menumbuhkan, menggerakkan, serta menyalurkan dinamika, militansi, dan idealisme generasi muda demi tercapainya masa depan yang lebih baik. Dalam masyarakat banyak kita jumpai berbagai macam organisasi yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai bidang, antara lain:

  • organisasi yang bersifat kerohanian/keagamaan
  • organisasi yang bersifat kemanusiaan
  • organisasi yang bersifat sosial budaya, kesenian
  • organisasi yang bersifat keterampilan
  • organisasi yang bersifat keolahragaan
  • organisasi yang bersifat politik
  • organisasi yang bersifat profesi, dan sebagainya.

Perjalanan organiasi-organisasi itu sangat tergantung pada seluruh anggota. Keberhasilan kita melatih diri dalam organisasi-organisasi masyarakat akan terwujud jika selaku anggota organisasi dapat menempatkan din sebagai anggota yang baik. Mengerti akan tugas dan kewajibannya masing-masing. Asas kebersamaan, kasih sayang perlu ditanamkan dan dilaksanakan demi kebahagiaan, ketenteraman, dan ketenangan dalam hidup berorganisasi. Menghormati hak-hak orang lain, berlaku adil, dan berbuat kebajikan merupakan salah satu contoh perbuatan yang harus kita laksanakan.

Secara kodrati manusia tidak lepas dan perbedaan kepentingan dan tidak jarang teijadi benturan. Tetapi apabila benturan-benturan tersebut diselesaikan dengan semangat kegotong-royongan, dan kekeluargaan, serta dilandasi rasa kasih sayang, iktikad baik, rasa tanggung jawab niscaya perbedaan itu dapat kita serasikan. Menyalurkan pendapat, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan dalam organisasi, hendaknya tidak menjadikan atau membuat orang lain tersinggung atau malu. Kita harus mengakui dan menghargai pendapat yang telah dirumuskan dalam rapat walaupun secara pribadi pendapat tersebut berbeda dengan pendapat kita. Jika organisasi itu berjalan baik, maka tujuan organisasi juga akan tercapai dengan baik pula. Dan pada akhirnya, bisa memperoleh manfaat, pelajaran, pengalaman dan organisasi tersebut.
Sumber Pustaka: Pabelan