Makna Penting Peraturan Perundang-Undangan

Makna Penting Peraturan Perundang-Undangan



Coba lihat lagi kapal pada ilustrasi di depan. Pada gambar itu terlihat penumpang kapal yang melubangi badan kapal. Siapa yang akan rugi jika kapal itu berlubang? Tentu saja tidak hanya pembuat lubang yang rugi, tetapi semua penumpang yang ada di atas kapal itu. Kapal itu akan tenggelam ditelan samudra.

Agar hal itu tidak terjadi, di dalam kapal harus ada peraturan. Dengan peraturan itu, setiap penumpang tidak bisa berbuat sesuka hatinya. Dengan begitu, kapal akan selamat sampai tujuan. Jadi, peraturan itu menyelamatkan kapal.



Sekarang coba bayangkan kapal itu sebagai sebuah negara yang bernama Republik Indonesia. Mampukah negara Indonesia mencapai tujuannya jika warga negaranya seperti penumpang pada kapal? Tentu tidak. Jika warga negaraya seperti itu, Republik Indonesia akan bubar ibarat kapal yang tenggelam ditelan samudra. Agar hal mi tidak terjadi, apa yang harus dilakukan bangsa Indonesia?

Beruntunglah, para pendiri bangsa ini telah memikirkan hal itu. Para pendiri bangsa ini telah bekerja keras memeras otak untuk membuat peraturan yang dapat menj amin tetap berdirinya negara Indonesia. Aturan-aturan itu tertuang dalam peraturan perundang-undangan. Jadi, peraturan perundang-undangan itu sangat penting bagi negara karena menjamin keselamatan negara dan kehancuran.

Kini kamu tahu, arti penting peraturan perundang-undangan bagi negara. Lalu, apa arti penting peraturan perundang-undangan bagi warga negara? Untuk menjawab pertanyaan mi, kamu perlu mehhat manfaat peraturan pada skala yang lebih kecil yaitu di sekolahmu. Di sekolahrnu tentu ada peraturan.

Salah satu peraturan keluarga mengatur mengenai disiplin. Misalnya: disiplin belajar, tidur malam, bangun tidur, mengerjakan tugas-tugas rumah, dan lain-lain. Sedangkan peraturan di masyarakat misalnya: jam belajar masyarakat, jadwal ronda malam, aturan berkunjung, dan lain-lain. Coba ulangi kegiatan padaArena 1 untuk menemukan manfaat peraturan dalam keluargamu bagi setiap anggota keluarga. Lalu, dengan cara yang sama pula temukan manfaat peraturan di masyarakat bagi warga masyarakat. Dengan melakukan in pemahamanmu tentang manfaat peraturan akan semakin mendalam.

Setelah mengetahui manfaat peraturan di sekolah, keluarga, dan masyarakat, sekarang kamu tahu makna penting peraturan itu. Bagaimana dengan peraturan negara? Di Indonesia peraturan itu dinamakan peraturan perundang-undangan. Seberapa jauhkah peraturan perundang-undangan bermakna bagi warga negara? Untuk mengetahui makna penting peraturan perundang-undangan bagi warga negara, kamu dapat menelaah sejauh mana peraturan negara bermanfaat bagi warga negara. Man kita lihat.

Bangsa Indonesia telah bertekad bahwa dalam penyelenggaraan berbangsa dan bernegara, supremasi hukum harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Hal mi sebagai konsekuensi keberadaan negara kita sebagai negara hukum. Untuk dapat mewujudkan supremasi hukum, perlu adanya aturan hukum tersebut.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih