Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia



Pada bagian depan kalian telah memiliki gambaran bagaimana kesengsaraan rakyat pada masa penjajahan. Tentunya kalian semakin paham arti pentingnya kemerdekaan bagi rakyat ataupun negara. Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut.

Rakyat bebas dan penindasan


Terbebasnya rakyat dan cengkeraman penjajah menjadikan rakyat hidup bebas dan tidak ditindas oleh bangsa lain. Rakyat berhak menentukan kehidupan dan kesejahteraannya sendiri.



Negara RI berdiri tegak


Berdirinya proklamasi kemerdekaan berarti secara nyata (defacto) negara Indonesia berdiri. Negara memiliki kedaulatan untuk mengurus dan mengatur rumah tangga sendiri.

Titik iculminasi atau titik puncak perjuangan bangsa


Sejak penjajahan bercokol di Indonesia, rakyat telah mengorbankan harta dan benda, jiwa dan raga. Merdeka adalah puncak dan hasil perjuangan bangsa.

Titik penjebolan hukum kolonial dan berlakunya hukum nasional


Pada zaman penjajah berlaku hukum penjajah/hukum kolonial yang hanya mengutamakan kepentingan kolonial. Sejak proklamasi kemerdekaan, hukum kolonial diganti dengan hukum nasional.

Jembatan emas menuju cita-cita nasional


Tujuan bangsa Indonesia adalah mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Tujuan tersebut hanya bisa diwujudkan bila kita bisa mengatur bangsa sendiri tanpa campur tangan negara lain.

Demikian pentingnya kemerdekaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, maka kewajiban kita adalah mempertahankan dan mengisi kemerdekaan itu dengan pembangunan nasional.
Sumber Pustaka: Yudhistira