Manfaat Mendengarkan Pidato Bagi Pendengar

Mendengarkan Pidato



Pada pembelajaran kali ini, kamu akan belajar mendengarkan pidato. Isi dan pidato biasanya pesan-pesan, gagasan-gagasan, ajakan-ajakan, imbauan-imbauan, dan harapan-harapan tentang berbagai hal, misalnya tentang politik, olahraga, pendidikan, pengetahuan, dan sebagainya. Dengarkan pidato yang disampaikan oleh temanmu berikut ini! Sebelumnya, tutuplah bukumu ini!



Selamat pagi bagi semua hadirin. Pertama-tama marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Mahakuasa yang telah memberikan kekuatan lahir dan batin kepada kita semua sehingga dapat bersama-sama menyelenggarakan rapat dalam rangka pelantikan pengurus karang taruna “Mekar Sari” yang barn.

Selanjutnya atas nama kepala desa dan yang mewakili masyarakat desa ini, kaini mengucapkan selamat atas terbentuknya pengurus karang taruna yang barn di desa yang kita cintai ini. Semoga pengurus yang baru nanti benar-benar dapat melanjutkan perjuangan pengurus yang lama yang belum dapat dilaksanakan.

Untuk pengurus karang taruna yang barn, tugas kalian cukup banyak. Namun, kalian tidak perlu berkecil hati. Dengàn dilandasi semangat membangun, semangat rasa kebersamaan. dan persatuan yang tinggi, semua itu harus dilaksanakan dengan menganggapnya sebagai kewajiban, bukan semata-mata sebagai beban.

Dalam menjalankan tugas kepengurusan yang barn nanti, janganlah segan berkonsultasi dengan pengurus yang lama. Setidak-tidaknya pengurus yang lama telah berpengalaman. OIeh sebab itu, setiap anggota pengurus berikut ketua karang taruna hendaknva menyadari bahwa pekerjaan ini merupakan pekerjaan organisasi. Denan deinikian, kebutuhan umum hams senantiasa dinomorsatukan setelah kebutuhan pribadi. Jadi, yang dibutuhkan adalah pola sikap tertib dan disiplin. Akhirnya, saya berpesan, tingkatkan terus solidaritas, tingkatkan terus kreativitas, tingkatkan ketertiban dan kedisiplinan, serta tingkatkan terus rasa persatuan dan kesatuan. Semoga mendapatkan dukungan dan berbagai pihak. Selmat bekerja, selamat berluang!

Perhatikan contoh pencatatan informasi, pesan, dan gagasan dalam pidato di atas!
  1. Acara Rapat pelantikan pengurus karang taruna “Mekar Sari” yang baru.
  2. Orator : Kepala desa.
  3. Pokak-pokok isi pidato:
  • Salam dan puji syukur.
  • Ucapan selamat atas terbentuknya pengurus karang taruna yang baru.
  • Pemberian dorongan atau semangat kepada pengurus karang taruna yang baru.
  • Pengurus karang taruna yang baru tidak perlu segan untuk berkonsultasi dengan pengurus yang lama.
  • Setiap anggota pengurus hendaknya menyadari pekerjaannya masing-masing.
  • Dalam menjalankan tugasnya, setiap anggota pengurus perlu menerapkan pola sikap tertib dan disiplin.
  • Pesan-pésan kepala desa agar setiap anggota pengurus meningkatkan solidaritas, kreativitas, ketertiban dan kedisiplinan, serta rasa persatuan dan kesatuan.
Berdasarkan pokok-pokok pidato di atas, kamu dapat mengkonstruksikan informasi, pesan, dan gagasan yang disampaikan orator. Perhatikan contoh pengkonstruksian tersebut di bawah ini!

Kepala desa memberikan semangat kepada pengurus karang taruna yang baru dan setiap anggota pengurus harus menyadari pekerjaannya masing-masing. Untuk itu, pengurus karang taruna yang baru tidak perlu segan untuk berkonsultasi dengan pengurus yang lama. Dalam menjalankan tugasnya, setiap pengurus perlu menerapkan pola sikap tertib dan disiplin. Selain itu, kepala desa juga berpesan agar setiap anggota pengurus meningkatkan solidaritas, kreativitas, ketertiban dan kedisiplinan, serta rasa persatuan dan kesatuan.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact