Media Berperan Mempengaruhi Dan Membentuk

Media Berperan Mempengaruhi Dan Membentuk



Pendapat Umum yang Bertanggung Jawab Dewasa ini, media massa, baik media cetak (surat kabar, tabloid, dan majalah) maupun media elektronik (radio dan televisi), sangat berperan dalam mempengaruhi dan membentuk pendapat umum yang bertanggung jawab di kalangan rakyat banyak. Pengaruh itu pun dapat berupa pengaruh baik (positif) atau buruk (negatif).




  1. Pemberitaan dalam surat kabar, majalah, dan tabloid tentang pelanggaran seks, tawuran pelajar /masyarakat, demonstrasi, pembajakan bus, dan lain-lain. Pemberitaan yang sejenis secara bebas dan terus-menerus dapat mempengaruhi orang asing yang akan berkunjung atau menanam modal di Indonesia. Sebaliknya, pemberitaan tentang pembangunan, kemajuan sains dan teknologi, kemajuan industri dan perdagangan, serta lain- lain pemberitaan yang positif dapat membahagiakan rakyat Indonesia dan menggairahkan semangat membangun bangsa In- donesia.
  2. Penyiaran dalam radio, televisi, film, dan sinetron tentang pemakaian ganja dan narkoba, cerita flim/sinetron yang asusila, perkosaan wanita, perampasan nasabah bank, dan lain-lain penyiaran berita yang negative dapat berakibat buruk bagi penonton di bawah umur dan kaum perempuan.


Seharusnya media mengedepankan berita yang baik dan benar agar gairah membangun bangsa dan tanah air dapat ditingkatkan. Pendapat umum dapat juga dipngaruhi oleh peranan media cetak dan elektronik. Pemberitaan pada masa penjajahan perihal rakyat Indonesia, seperti daerah Indonesia yang beriklim panas menyebabkan rakyatnya hidup bermalas-malasan sepanjang han. membentuk pendapat umum pada masa lampau.

Pendapat umum yang masih berbudaya di kalangan pembaca surat kabar/majalah dan penonton radio/televisi yang mengatakan bahwa perekonomian kita bergantung .pada modal asing merupakan ulah pers dan media di tanah air. Pengaruh negatif dalam pemberitaan dan penyiaran pers dan media dalam pembentukan pendapat umum di kalangan rakyat sudah saatnya diminimalkan.
Sumber Pustaka: Bumi Aksara