Melaksanakan Prinsip Keadilan Sosial Dan Kehidupan Pribadi, Keluarga, Masyarakat, Bangsa Dan Negara

Meningkatkan Kemampuan Dalam Melaksanakan Prinsip Keadilan Sosial Dan Kehidupan Pribadi, Keluarga, Masyarakat, Bangsa Dan Negara



Tujuan pembangunan negara kita adalah membentuk masyarakat yang adil dan makmur serta merata secara material dan spiritual berdasarkan Pancasila. Cita-cita masyarakat adil dan makmur bangsa Indonesia akan berhasil apabila Tuhan Yang Maha Esa meridai, dan ada usaha untuk bekerja keras. Bagi bangsa Indonesia pembangunan dilaksanakan pelita demi pelita dengan sungguh-sungguh dan kejujuran serta kesediaan pengorbanan. Untuk itu tiap warga negara merupakan bagian dan rakyat yang harus sadar untuk membina din, keluarga, dan masyarakat.

Kesadaran ini dimulai dengan membina sikap hidup pribadi ke arah pembentukan manusia Indonesia baru. Sikap hidup yang mendasar perlu dibina sejak kecil, apabila sikap hidup mi diamalkan, kesejahteraan, ketenteraman, keamanan, dan kebahagiaan akan dapat kita capai. Kesejahteraan menumbuhkan kegairahan kerja, baik untuk din sendiri, keluarga, dan masyarakat. Pada dasarnya bekerjà itu untuk meningkatkan penghasilan pribadi secara tak langsung juga meningkatkan pendapatan nasional. Semua usaha mi bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan negara. Sikap dasar itu antara lain sebagai berikut.


Sehat


Sikap hidup sehat ditandai dengan sikap memelihara gizi makanan, berolahraga secara teratur, bekerja secara teratur, berekreasi, dan beristirahat cukup. Warga negara yang sehat dan kuat akan mampu belajar, bekerja, serta membangun din, keluargä, dan, masyarakatnya.

Hemat


Sikap hidup hemat adalah sikap hidup yang berorientasi kepada han esok yang lebih cerah. Hemat termasuk kesadaran memelihara lingkungan hidup agar tetap sehat demi kehidupan manusia dan menjamin terpeliharanya sumber-sumber alam untuk kehidupan anak cucu yang akan datang.

Rajin


Sikap hidup rajin ditandai oieh sikap suka bekerja dan belajar sebagai modal hidup.

Cermat dan teliti


Sikap hidup cermat dan teliti berarti teliti dalam belajar dan bekeija serta berbicara, selalu memperhitungkan hasil dan akibat dan perkataan dan perbuatan. Cermat adalah sikap dewasa yang bertanggungjawab dan sikap orang yang berpendidikan.

Berdisiplin


Sikap hidup disiplin adalah sikap hidup yang selalu menjunjung tinggi norma-norma kehidupanyakni:
  1. disiplin pada agama yang.dianut dengan mematuhi ajaranajaran-Nya demi kebaikan di dunia dan akhirat,
  2. disiplin pada hukum negara, dan taat pada peraturan yang berlaku,
  3. tertib dalam waktu dan tepat dalam janji untuk memelihara kepercayaan orang
  4. lain dalam pergaulan.
Di samping sikap dasar tersebut hal lain yang perlu diamalkan adalah beberapa tuntunan moral dalam rangka turut mewujüdkan keadilan sosial yaitu sebagai berikut.
  1. Sadar akan adanya kewajiban yang sama dalam mewujudkan keadilan dalam hidup bermasyarakat.
  2. Sadar akan adanya hak yang sama dalam rangka mewujudkan sikap adil dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Menjunjung tinggi sikap kekeluargaan.
  4. Menjunjung tinggi sikap gotong royong.
  5. Bersikap adil terhadap sesama.
  6. Menghormati hak orang lain.
Sumber Pustaka: PT. Pabelan