Melaksanakan Prinsip Kekeluargaan Dan Demokrasi Pancasila Dalam Berbagai Kehidupan

Melaksanakan Prinsip Kekeluargaan Dan Demokrasi Pancasila Dalam Berbagai Kehidupan


Dalam melaksanakan demokrasi Pancasila dapat kita laksanakan mulai dan masyarakat yang sederhana, yaitu keluarga. Dalam kehidupan keluarga ternyata dapat kita kembangkan prinsip demokrasi, misalnya seorang ayah dalam menentukan kebijaksanaan rumah tangga, pelaksanaannya selalu dimusyarwarahkan dengan anggota keluarga yang lain. Prinsip ini akan sangat baik apabila dikembangkan di berbagai kehidupan.



Di sekolah


Di sekolah dapat dikembangkan prinsip kekeluargaan dan demokrasi, misalnya untuk kemajuan program sekolah dapat dibent√ľk OSIS yang bertugas membantu program-program sekolah seperti: ketertiban sekolah, upacara bendera, kebersihan, keamanan, kesehatan, kelancaran proses belajar mengajar, dan sebagainya. Untuk kesejahteraan siswa, dengan dibentuknya koperasi sekolah bertujuan agar dapat memenuhi kebutuhan sekolah khususnya yang berhubungan dengan kebutuhan siswa.

Di masyarakat


Dapat dikembangkan prinsip kekeluargaan dan demokrasi, misalnya dalam melakukan pembangunan di tingkat RT. Sesuatu yang diprogramkan terlebih dahulu dimusyawarahkan dengan semua anggota warga RT. Setelah mendapat berbagai masukan, kemudian diputuskan program yang diutamakan. Baru kemudian menentukan biaya secara gotong royong dan ke-keluargaan dengan kategori ada batas minimal dan ada pula yang memberikan lebih dan warga yang lain. Prinsip ini ternyata dapat berkembang dan hidup terpelihara hampir di setiap wilayah Nusantara. Contoh nyata penerapan demokrasi di dalam desa, misalnya ingin membangun tempat beribadat. Sebelum hal itu dilaksanakan, keseluruhan kebutuhan dimusyawarahkan terlebih dahulu, baik mengenai pembiayaannya, pengerjaannya, dan sebagainya. Hal tersebut dapat dikembangkan dalam bentuk yang lain, narnun prinsip kekeluargaan dan demokrasi harus tetap ada, atau tidak akan ditinggalkan.

Di tingkat negara atau pemerintah pusat


Prinsip kekeluargaan dan demokrasi dapat dilaksanakan dalam hal, rnisalnya pernilih an presiden dan wakil presiden. Dalam hal mi prinsip kekeluargaan selalu ada dan tidak ditinggalkan, misalnya seseorang yang dicalonkan harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dan pihak yang bersangkutan, setelah itu baru dipilih oleh lembaga tertinggi, yaitu MPR dan dipilih melalui pemilu oleh semua warga negara yang mernenuhi persyaratan.