Melengkapi Karya Tulis Dengan Daftar Pustaka Dan Catatan Kaki

Melengkapi Karya Tulis Dengan Daftar Pustaka Dan Catatan Kaki



Pada Subunit A, kamu telah belajar merumuskan garis besar teks rumpang. Pengalaman belajarmu itu juga akan bermanfaat ketika kamu menyusun karya tulis. Secara umum, karya tulis disusun dengan pola sistematika sebagai berikut.



I. PENDAHULUAN
  • Latar Belakang Penelitian
  • Permasalahan dan Pembatasan Masalah
  • Tujuan Penelitian
  • Metode Penelitian
  • Kegunaan Penelitian
  • Sistematika Penulisan
II. PEMBAHASAN/HASIL PENELITIAN
III. PENUTUP

Latar belakang penelitian menguraikan permasalahan yang melatar belakangi dipilihnya temalpermasalahan tertentu. Latar belakang penelitian sebaiknya diuraikan secara logis agar pembaca dapat memahaini hal-hal nyang diuraikan sehingga mereka menganggap bahwa permasalahan memang perlu diteliti.

Permasafahan berkenaan dengan penelitian yaig dilaksanakan perlu dibatasi sehingga pdnelitian dapat terfokus pada permasalahan yang relevan ses√ľai dengan tujuan penelitian. Hal ini dimaksudkan untuk mempersempit ruang lingkup pembahasan.

Tujuan penelitian perlu dikemukakan secara singkat danjelas. Deinikian pula penetapan metode yang digunakan dalam rangka pengumpulan data. Selain itu, kegunaan penelitian hendaknya juga diuraikan secara singkat dan jelas.

Pada bab pembahasan penulis menguraikan hasil penelitian atau pengamatan secara rinci dan pada bagian penutup dikemukakan kesimpulan dan saran-saran. Untuk menyusun karya tulis, dibutuhkan berbagai sumber bacaan yang mendukung teori atau tema. Oleh karena itu, kamu perlu aktif mencari dan membaca buku, baik di perpustakaan maupun di tempat lain yang memungkinkan untuk memperoleh sumber bacaan. Sumber bacaan yang digunakan dalam karya tulis harus ditulis dalam daftar pustaka. Perhatikan beberapa pedoman cara menulis daftar pustaka dan catatan kaki berikut ini!

  1. Jika nama pengarang lebih dan dua kata, penulisannya dengan cara dibalik. Kata kedua ditulis lebih dahulu, setelah nama pengarang dibubuhi tanda titik.
  2. Tulislah tahun terbit buku! Setelah tahun terbit, dibubuhi tanda baca titik.
  3. Tulislah nama judul buku dengan dicetak iniring, kemudian dibubuhi tanda baca titik!
  4. Tulislah kota terbit, kemudian dibubuhi tanda baca titik dua (:)!
  5. Tulislah penerbit buku, kemudian nama penerbit dibubuhi tanda baca titik!
  6. Susunlah menurut abjad secara alfabetis! scbagai berikut:

DAFTAR PUSTAKA

Andi. 1990. Ekonoini dan Koperasi. Jakarta: Bina Mulia.
LBudianto. 2001. Unsur-unsur Ekonoini. Bandung: Pustaka Jaya.
Mardiyatmo. 1999. Ekonoini. Surakarta: Teguh Karya.
Sriyono. 1994. Ekonoini Makro. Surakarta: Aneka Terbit.
Tupanno. 1982. Ekonoini Koperasi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Porter E. Inichael. 1994. Keunggulan Bersaing. Jakarta: Bina Rupa
Aksara.

Catatan kaki dapat diartikan sebagai catatan tentang kata-kata/ pernyataan yang masih perlu dijelaskan (katalpernyataan itu diberi tanda). Catatan kaki diletakkan pada bagian bawah halaman. Biasanya, penjelasan dicetak dengan huruf yang lebih kecil dan huruf teks. Catatan kaki juga dapat digunakan dengan tujuan untuk mengacu kepada sumber ash suatu pernyataan. Artinya, catatan kaki digunakan untuk menunjukkan etika atau kejujuran penulis karena penulis mengutip pendapat orang lain dalam naskah atau karyanya. Perhatikan contoh karya tulis berikut ini!
Sumber Pustaka: Ganeca Exact