Membaca Intensif Paragraf Yang Berpola Deduktif

Membaca Intensif Paragraf Yang Berpola Deduktif



Pada unit 1, kamu telah belajar menentukan pola paragraf teks rumpang berdasarkan letak kalimat utama dan kalimat penjelasnya. Pada pembelajaran kali mi, kamu akan belajar membaca intensif paragraf yang berpola deduktif. Pengalaman belajarmu pada unit 1 tersebut dapat kamu manfaatkan pada pembelajaran kali ini.

Pada umumnya, sebuah paragraf terdiri atas gagasan utama dan beberapa gagasan penjelas. Gagasan utama adalah pokok pikiran yang menjiwai seluruh paragraf, sedangkan gagasan utama adalah ide pokok yang berfungsi menjelaskan gagasan utama.



Gagasan utama dapat diubah menjadi kalimat utama dan gagasan penjelas daptt diubah menjadi kalimat penjelas. Untuk menentukan kalimat utama dan kelimat penjelas, hams diketahui terlebih dahulu ciri-cin kalimat tersebut. Ciri-ciri kalimat utama ialah berisi pernyataan yang paling penting. bersifat umum, dan berupa simpulan, sedangkan kalimat penjelas berfungsi menjelaskan kalimat utama, bersifat khusus, menunjukkan contoh-contoh yang jelas berupa alasan yang menguatkan gagasan, dan berupa bukti-bukti yang menyakinkan.

Dilihat dan letak kalimat utamanya, paragraf dapat dibedakan menjadi paragraf deduktif, induktif, dan campuran. Paragraf deduktif adalah paragraph yang diawali oleh kalimat utama dan diikuti beberapa kalimat penjelas. Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali beberapa kalimat penjelas dan diakhiri kalimat utama. Untuk Paragraf campuran, letak kalimat utamanya ada di awal paragraf dan dipertegas kembali di akhir paragraf.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact