Memberi Saran Untuk Penulisan Karya Tulis: Penyusunan Kerangka Karangan

Memberi Saran Untuk Penulisan Karya Tulis: Penyusunan Kerangka Karangan



Di kelas 3 mi kamu diharapkan mampu menulis sebuah karya ilmiah. Karya ilmiah itu kamu susun berdasarkan minatmu masing-masing: bidang sosial, eksakta, atau bahasa. Sebelum menyusun sebuah karya ilmiah, kamu harus menentukan topiknya terlebih dahulu. Topik tersebut, sekali lagi, disesuaikan dengan minatmu.



Setelah topiknya kamu tentukan, kamu harus menetapkan tujuanmu sebagai penulis. Dengan kata lain, apa yang ingin kamu nytakan dalam karya tulis tersebut. Misalnya, “Saya mau menjelaskan hubungan antara pemulung dengan kebersihan kota” atau “Saya mau menjelaskan hasil percobaan-percobaan saya mengenai , dan lain-lain.

Topik dan tujuan tersebut menjadi pengarah penulisan karya tulismu selanjutnya. Jadi, berdasarkan topik dan tujuan tersebut, kamu akan menyusun karanganmu. Namun, supaya pikiranmu terarah dengan baik, ada baiknya kamu menyusun kerangka karangan terlebih dahulu. Di bawah mi ada tigacontoh kerangka karangan (Daftar si) pemenang Lomba Penelitian llmiah Remaj Tahun 1983 dan 1990.
Sumber Pustaka: Erlangga