Membina, Memelihara Dan Mendahulukan Kepentingan Umum

Membina, Memelihara Dan Mendahulukan Kepentingan Umum



Dalam rangka menjaga dan mengamankan kepentingan umum atau kepentingan bersama dapat ditempuh berbagai jalan, misalnya dengan menumbuhkan jiwa kebersamaan bahwa bangsa Indonesia memiliki persamaan nasib. Pada masa lampau kita mengalami hidup di bawah penjajah. Dan peristiwa tersebut bangsa Indonesia merasa bersama-sama membebaskan diri dan penjajah untuk mewujudkan negara yang merdeka, berdaulat, dan sejahtera dengan menanamkan nilai persatuan dan menjaga alat persatuan. Nilai-nilai persatuan tersebut antara lain sebagai berikut.


  1. Pancasila sebagai dasar negara dart pandangan hidup bangsa Indonesia.
  2. Bendera Merah Putih merupakan penjelmaan cita-cita bangsa Indonensia.
  3. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu.
  4. Lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  5. Lambang negara Garuda Pancasila yang menggambarkan kedaulatan, kepribadian dan keperkasaan Indonesia yang terwujud dalani kalimat Bhinneka Tunggal Ika.

Mendahulukan Kepentingan Umum


Kepentingan umum adalah kepentingan yang menyangkut orang banyak. Karena  menyangkut kepentingan orang banyak, maka kepentingan umum harus didahulukan. Untuk mendahulukan kepentingan umum kita mempunyai tanggung jawab yang sama, yaitu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, yang pada hakikatnya adalah mau mengorbankankepentingan pribadi untuk kepentingan yang lebih besar guna mewujudkan cita-cita bangsa.

Kita belum dapat menikmati kemerdekaan yang kita capai,tanpa ada kesadaran dan seluruh bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita tersebut, misalnnya menambah ilmu pengetahuan, keterampilan, teknologi, sehingga mengolah kekayaan alam dan dapat melaksanakan pembangunan di segala bidang termasuk pembangunan batiniah dan lahiriah yang dilaksanakan secara seimbang dan serasi.
Sumber Pustaka: Pabelan