Mendengarkan Dan Menanggapi Informasi Dari Berbagai Sumber Dalam Diskusi

Mendengarkan Dan Menanggapi Informasi Dari Berbagai Sumber Dalam Diskusi



Pada unit 1, mungkin kamu telah belajar mendengarkan diskusi untuk mencatat pokok-pokok pembicaraan, mancatat siapa yang berbicari dan apa isi pembicaraannya, membuat rangkuman seluruh isi percakapan, serta mengajukan pertanyaan. Pada bagian mi, kamu akan belajar mendengarkan diskusi untuk menanggapi pembicaraan berupa kritikan, sanggahan, atau dukungan.



Dalam menanggapi pembicara dalam diskusi yang berlangsung, dapat berupa kritikan, sanggahan, atau dukungan. Mengkritik pembicara dalam diskusi berarti menyampaikan kekurangan atau kelemahan yang terdapat dan gagasan seorang pembicara. Sanggahan merupakan ungkapan menolak, sedangkan dukungan adalah ungkapan setuju. Untuk menyampaikan kritikan, dukungan, atau sanggahan harus dilakukan dengan bahasa yang santun, kalimat yang efektif, pengucapan yang jelas, dan disertai dengan alasan-alasan yang kuat.

Dengarkan dan ikuti diskusi tentang nasionalisme di kelasmu dengan saksama!

Langkah kegiatan


  1. Terlebih dahulu, siswa membentuk kelompok dan setiap kelompok merumuskan permasalahan permasalahan yang akan didiskusikan dengan bimbingan guru.
  2. Membuat ringkasan artikel yang akan disampaikan di depan kelas sebagai masalah.
  3. Guru menunjuk salah satu siswa yang dipandang mampu sebagai pembicara dan seorang lagi sebagai notulis.
  4. Kegiatan mendengarkan dilakukan. Siswa yang lain mendengarkan dan mengikuti dengan aktif.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact