Mendengarkan Informasi, Pendapat Dan Gagasan

Mendengarkan Informasi, Pendapat Dan Gagasan



Berdialog  dengan teman sangat diperlukan karena kama dapat saling bertukar informasi, pendapat, dan gagasan. Semua itu dapat menambah wawasan, pandangan dan pengalaman baru.

Pada pembelajaran kali ini. kamu akan mendengarkan informasi. pendapat. dan gagasan yang dikemukakan temanmu. Pada saat temanmu menyampaikan informasi. pendapat. atau gagasannya perhatikan sungguhs ungguh. jangan menyela. bersikaplah dengan baik dan hargai penjelasan! infomasi temanmu itu.



Dengarkan dialog yang akan diperagakan oleh dua temanmu berikut ini! Ketika mendengarkan, catatlah pokok-pokok isi uraian, yang berupa informasi, pendapat, atau gagasan dan percakapan yang diucapkan setiap tokoh!

Sarah : Mau ke mana, San?
Hasan : Mau ke Candi Prambanan, Sar.
Sarah : Mengapa kesana?

Hasan Saya mau melihat tarian tradisional. Selama bulan Mei sampai Oktober pada saat bulan purnama, diadakan Sendratari Ramayana di pelataran terbuka Candi Prambanan. Sarah : 0, begitu! Romantis sekali tarian itu. Saya pernah menyaksikannya ketika berkunjung ke Bali. Selain menghibur, sendratari mi banyak memakai busana pewayangan Bali dengan pengolahan pada beberapa bagiannya. Cerita mi biasanya bermula dan pengembaraan Rama, Sita, dan Laksmana di tengah Hutan Dandaka, munculnya kijang emas, dilarikannya Sita oleh Rahwana, perang Rahwana dengan Jatayu, Hanoman menghadap Rama, Hanoman diutus ke Alengka, dan berakhir dengan kembalinya Dewi Sita kepada Rama.

Hasan : Setahu saya, kalau Candi Prambanan, sendratari mi memakai busana pewayangan Jawa dan diiringi musik gamelan Jawa. Untuk garis besar ceritanya, sama dengan sendratari Ramayana di Bali.

Sarah Kalau begitu, saya tertarik juga menyaksikan sendratari itu. Bagaimanajika kita menyaksikannya bersama-sama? Mulainya pukul berapa?

Hasan: Baiklah. Acara dimulai pada pukul 19.00 sampai dengan 21.00 WIB.
Sarah : Sekarang baru jam tiga sore. Apa yang akan kita lakukan sekarang?
Hasan : Bagaimana kalau kita jalan-jalan dahulu? Di sana selain ada
Candi Prambanan, ada juga tiga candi utama lainnya, yaitu
Candi Siwa, Candi Wisnu, dan Candi Brahma.
Sarah : Baiklah kalau begitu. Sambil menunggu acara sendratari dimulai, kka melihat lihat dahulu candi-candi itu.
Hasan : Ayo, Sar, kita berangkat!

Dari dialog di atas, tokoh Hasan menginformasikan bahwa selama bulan Mei sampai Oktober pada saat bulan pumama diadakan sendratari Ramayana di pelataran terbuka Candi Prambanan. Dapatkah kamu menemukan informasi lainnya dan dialog tadi?

Selain itu, tokoh Sarah bçrpendapat bahwa Sendratari Ramayana sangat romantis. Coba kamu temukan pendapat lainnya dan dialog tokoh Sarah dan Hasan! Tokoh Sarah juga memberikan gagasan agar ia dan Hasan menyaksikan acara itu bersama-sama. Dapat kamu menyebutkan gagasan-gagasan lainnya yang terdapat pada dialog tadi?
Sumber Pustaka: Ganeca Exact