Mengamalkan Nilai-Nilai Yang Termuat Dalam Patriotisme

Mengamalkan Nilai-Nilai Yang Termuat Dalam Patriotisme



Dan uraian patriotisme di atas dapat kita temukan beberapa nilai luhur, yaitu sebagai berikut.


  1. Pengorbanan tokoh-tokoh dan pahlawan-pahlawan nasional untuk melawan penjajah, patut diteladani untuk bekal mengisi kemerdekaan. Kita hendaknya mau berkorban untuk membebaskan sebagian rakyat kita yang masih terbelakang di bidang ekonomi, maupun bidang teknologi agar sejajar dengan masyarakat yang sudah maju.
  2. Sikap yang ditunjukkan dan ditampilkan oleh para tokoh atau pahlawan kita selama beijuang melawan penjajah, membuktikan bahwa mereka telah mengamalkan usaha mencintai kemerdekaan.
  3. Sejarah telah membuktikan bahwa, tanpa persatuan yang utuh kita tidak mungkin dapat mengusir penjajah.
  4. Bangsa Indonesia telah m,elihat betapa besarnya penderitaan dan pengorbanan para pejuang yang telah mendahului kita. Oleh karena itu, tepatlah pernyataan Prokiamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan titik puncak perjuangan bangsa Indonesia, yang berlangsung selama berabad-abad dan didorong oleh amanat penderitaan rakyat.
  5. Beberapa faktor penghambat yang digunakan Belanda adalah politik memecah belah dan menguasal (devide et impera). Penindasan manusia terhadap manusia lain dan sifat ketamakan wjib kita berantas karena faktor-faktor tersebut dapat menjadi hambatan pembangunan yang sedang kita laksanakan sekarang. Dan beberapa uraian di atas, kita dapat membuktikan bahwa perjuangan kemerdekaan Indonesia disertai pengorbanan dalam waktu yang begitu lama.
Sumber Pustaka: PT. Pabelan