Mengembangkan Kesetiaan Terhadap Bangsa Dan Negara

Mengembangkan Kesetiaan Terhadap Bangsa Dan Negara



Sebutkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk men gembangkan kesetiaan terhadap bangsa dan negara?

Kesetiaan terhadap bangsa dan negara merupakan kebiasaan yang hams dipupuk dan dikembangkan. Banvak cara yang bisa dilakukan untuk membina dan mengembangkan sikap setia terhadap bangsa dan negara. Berawal dan cara-cara yang sederhana dan kecil ruang lingkupnya, sampai kepada cara yang lebih besar (rumit / kompleks).



Untuk mengembangkan kesetiaan warga negara terhadap bangsa dan negaranya, diperlukan adanya usaha dan berbagai pihak. Pemerintah sebagai pengelola negara,hendaknya menyediakan sarana dan prasarana bagi berkembangnya kesetiaan warga negara terhadap bangsa dan negara. Adapun rakyat harus selalu meningkatkan kesadaran din untuk setia terhadap bangsa dan negaranya. Siapa lagi yang mau setia terhadap bangsa dan negara, kalau bukan warganya?

Berbagai upaya untuk mengembangkan kesetiaan terhadap bangsa dan negara telah dilakukan oleh pemerintah. Upaya-├╝paya tersebut, antara lain berupa anjuran kepada setiap warga negara untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, anjuran untuk membina persatuan dan kesatuan, penyelenggaraan pendidikan bela negara, dan pergerakan organisasi-organisaSi Pemuda Pancasila. Upayau paya tersebut hams mendapat dukungan dan segenap rakyat Indonesia. Bila tidak, maka kesetiaan terhadap bangsa dan negara tidak dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih