Mengembangkan Rasa Bangga Sebagai Bangsa Indonesia

Mengembangkan Rasa Bangga Sebagai Bangsa Indonesia



Cara apa yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia? Mengapa kita harus bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia?

Sikap bangga sebagai bangsa Indonesia merupakan pengamalan sila Persatuan Indonesia. Sikap bangga adalah sikap besar hati dan percaya diri Bangga sebagai bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia merupakan sikap yang muncul dan hati sanubari warga negara yang memiliki harga diri.


Kebanggaan terhadap dirinya sebagai bangsa Indonesia tidak hanya sekadar dalam ucapan atau kata-kata, tetapi harus diyakini dan dilaksanakan dalam perbuatan sehari-hari. Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat ditumbuhkan dengan membiasakan hal-hal sebagai berikut.

Meyakini Kebenaran Pancasila dan UUD 1945 dan Tidak Meragukannya


Dasar negara kita adalah Pancasila. Sedangkan UUD 1945, merupakan hukum tertinggi yang terdapat di negara kita. Dengan demikian, warga negara yang merasa bangga sebagai bangsa Indonesia akan selalu meyakini dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945dalam kehidupan sehari-hari. Ia benar-benar bangga memiliki Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar dan hukum negara. Karena itulah, ia rela berkorban untuk mempertahankan Pancasila dan UUD 1945.

Menggunakan Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar


Warga negara Indonesia yang bangga sebagai bangsa Indonesia akan selalu berusaha menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Melalui penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, rasa bangga kita sebagai bangsa Indonesia dapat terus kita tumbuhkembangkan.

Mempertahankan Bangsa dan Negaranya dan Serangan Bangsa Lain


Cara ketiga yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan rasa bangga terhadap bangsa dan negara adalah ikut serta dalam mempertahankannya bila mendapat serangan dan pihak lain. Kita tidak rela membiarkan bangsa kita diserang oleh musuh, terutama yang dating dan luar, terlebih lagi apabila mereka berupaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Warga negara yang memiliki rasa bangga.sebagai bangsa Indonesia akan tetap mempertahankan Indonesia sebagai negara kesatuan.

Memakai Produk dalam Negeri


Rasa bangga sebagai bangsa Indonesia dapat dikembangkan dengan membiasakan din memakai produk dalam negeri. Kita perlu menyadari bahwa sekarang mi bangsa kita sedang memasuki pembangunan nasional yang sangat membutuhkan peran setiap warganya. Hasil-hasil produk dalam negeri kita sudah dapat bersaing di pasaran internasional. Karena itu, kita hendaknya membiasakan din memakai produk dalam negeni, misalnya dengan membeli barang-barang buatan Indonesia, seperti barang barang elektronik, pakaian jadi, makanan, kendaraan, dan produk lainnya.

Menyadari Bahwa Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang Besar


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Kebesaran bangsa kita terlihat dalam aneka kebudayaan suku-suku bangsa. Selain itu kebesaran bangsa kita juga terlihat dalam sejarah bangsa di masa lampau. Kita pernah menjadi bangsa besar pada zaman Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya. Wilayah kekuasaan bangsa kita pada waktu itu cukup luas. Demikian pula pada masa sekarang mi, Indonesia memiliki kurang lebih 17.580 pulau yang tersebar dan Sabang sampai Merauke. Di beberapa pulaunya terdapat suku-suku bangsa yang saling berbeda antara satu sama lain. Setiap suku mempunyai ciri dan corak kebudayaannya masing-masing. Keanekar agaman budaya di Indonesia mi menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar.

Menyadaribahwa Bangsa Indonesia adalah Bangsa yang Kaya Raya


Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya raya. Kekayaan bangsa Indonesia ini terbukti oleh kesuburan tanahnya sehingga berbagai macam tumbuhan dapat tumbuh di tanah air kita. Selain itu, terdapat juga barang-barang tambang, seperti emas, minyak, batu bara, gas alam, dan tembaga. Perairan pun menjadi salah satu unsur kekayaan Indonesia.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih