Mengembangkan Sikap Disiplin Di Lingkungan Sekolah

Mengembangkan Sikap Disiplin Di Lingkungan Sekolah



Men gapa setiap orang harus membiasakan din berdisiplin? Selain disiplin pribad bagaimana cara men gembangkan sikap disiplin sosial dan nasional?

Sikap disiplin, baik disiplin din, sosial, maupun nasional, bukanlah sikap yang telah dibawa semenjak lahir. Sikap ini harus selalu dibina dan dikembangkan secara terus-menerus melalui proses pembiasaan. Kita harus membiasakan hidup berdisiplin, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat.



Disiplin di Lingkungan Sekolah


Sikap disiplin tidak hanya dikembangkan di lingkungan keluarga, tetapi juga harus dikembangkan di lingkungan sekolah, bahkan di semua lingkungan hidup. Sebagai seorang pelajar, kita harus senantiasa berusaha mengembangkan sikap disiplin di lingkungan sekolah yang merupakan tempat kita belajar. Sikap disiplin pribadi, sosial, dan nasional di lingkungan sekolah, anfara lain dapat dikembangkan dengan membiasakan diri berperilaku sebagai berikut.
  1. Datang dan pulang sekolah tepat pada waktunya.
  2. Tidak bolos sekolah.
  3. Selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan penuh rasa tanggung jawab.
  4. Berpakaian selalu lengkap sesuai ketentuan sekolah.
  5. Membuat jadwal belajar dan menaatinya.
  6. Membuang sampah pada tempatnya.
  7. Melaksanakan tugas piket seperti yang telah ditetapkan bersama.
  8. Selalu mengikuti upacara bendera dengan khidmat.
  9. Selalu menaati semua peraturan yang berlaku di sekolah.
  10. Senantiasa menjaga kebersihan WC, lingkungan sekolah, dan kelas.
Sikap disiplin di sekolah harus dikembangkan oleh semua warga sekolah, tanpa kecuali. Apabila seluruh warga sekolah memiliki sikap hidup berdisiplin, sekolah akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar dan menjadi sekolah yang maju dan mampu mencetak orang-orang berkualitas.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih