Mengembangkan Sikap Disiplin Di Lingkungan Masyarakat

Mengembangkan Sikap Disiplin Di Lingkungan Masyarakat



Sebagai makhluk sosial, kita harus selalu membiasakan dan mengembangkan sikap hidup disiplin dalam masyarakat. Disiplin dalam bermasyarakat berarti menaati semua norma dan aturan yang berlaku di dalamnya. Norma dalam masyarakat banyak ragamnya, yaitu norma agama, kesusilaan, kesopanan, dan norma hukum. Semua norma yang mengatur kehidupan masyarakat tersebut harus kita taati dengan penuh kesadaran.

Berikut ini beberapa sikap dan perilaku dalam mengembangkan sikap disiplin di lingkungan masyarakat.



Mematuhi Aturan yang Berlaku di Masyarakat


Kita mengetahui bahwa semua aturan hidup dalam bermasyarakat dibuat untuk kesejahteaan, ketertiban, dan keamanan seluruh anggota masyarakat. Tidak ada aturan yang dibuat dengan maksud merugikan orang banyak. Oleh karena itu, kita harus taat dalam menjalankan aturan-aturan tersebut. Kebiasaan mematuhj aturan dalam masyarakat dapat menumbuhkan disiplin pribadi, sosial, dan nasional yang sangat penting bagi pencapaian tujuan dan cita-cita hidup bermasyarakat.

Dalam suatu masyarakat, yang semua warganya mampu mengembangkan sikap ini, akan tercipta kehidupan yang selaras, serasi, dan seimbang. Kondisi masyarakat seperti ini sangat mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional.

Membayar Pajak Tepat pada Waktunya


Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang digunakan untuk membiayai pembangunan nasional. Semua anggota masyarakat harus menyadari hal ini. Dengan kesadaran membayar pajak, kita dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan nasional. Sebagai warga negara yang baik, kita harus membiasakan disiplin dalam membayar pajak. Kedisiplinan warga masyarakat dalam membayar pajak dapat mempercepat dan memperlancar proses pencapaian tujuan nasional yang kita cita-citakan bersama.

Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat


Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dengan cara berpartisipasi menjaga keamanan lingkungan (ronda malam), dapat menumbuhkan sikap disiplin dalam masyarakat. Apabila kita senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban, semua warga masyarakat akan merasa tenteram. Kondisi semacam ini dapat memperkuat ketahanan nasional.

Taat dalam Melaksanakan Keputusan Bersama


Apabila dalam suatu masyarakat disepakati suatu keputusan maka seluruh anggota masyarakat harus menaatinya dengan kerelaan hati, tanpa terpaksa, meskipun tidak sesuai dengan pendapat kita pribadi. Ketaatan untuk melaksanakan hasil keputusan bersama dapat menumbuhkan sikap disiplin dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk itu, kita harus membiasakan diri mengembangkan rasa meiniliki (sense of belonging) terhadap masyarakat tempat tinggal kita.

Menepati janji


Orang yang selalu berusaha menepati janji, berarti ia adalah orang yang meiniliki sikap positif. Sikap ini akan menumbuhkan sikap disiplin. Oleh karena itu, kita harus membiasakan diri menepati janji. Ingat kepada pepatah yang menyatakan “Janji adalah Utang”. Artinya, janji harus ditepati.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih