Mengembangkan Sikap Mencintai Kebersihan, Kesehatan, Dan Kerapian Di Lingkungan Masyarakat

Mengembangkan Sikap Mencintai Kebersihan, Kesehatan, Dan Kerapian Di Lingkungan Masyarakat



Dalam rangka menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat, pemerintah Indonesia tak henti-hentinya mengajak seluruh anggota masyarakat untuk menjaga kebersihan, kesehatan, dan kerapian lingkungannya masing-masing. Selain itu, pemerintah juga memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang berhasil menciptakan suasana lingkungan yang bersih dan rapi.

Upaya pemerintah tersebut, dimaksudkan untuk mengembangkan sikap masyarakat agar mencintai kebersihan, kesehatan, dan kerapian di lingkungannya. Sebab, dengan kebersihan, kesehatan, dan kerapian taraf hidup masyarakat akan semakin meningkat sehingga dapat mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.



Mengembangkan sikap mencintai kebersihan, kesehatan, dan kerapian di lingkungan masyarakat dapat dilakukan dengan cara membiasakan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai atau di tempat-tempat umum yang dapat menimbulkan pencemaran, baik terhadap air, udara maupun tanah.

Dalam memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan masyarakat, biasanya dilakukan dengan cara bergotong royong. Seluruh anggota masyarakat secara bersama-sama membersihkan tempat-tempat umum, seperti tempat beribadah, temp at berolahraga, dan balai warga. Selain itu, semua anggota masyarakat juga bergotong royong untuk tidak mencemari dan mengotori lingkungan tersebut. Apabila kebiasaan seperti mi menjadi budaya maka kerapian, ketenteraman, dan kesehatan akan tercipta dan dirasakan oleh setiap anggota masyarakat, tanpa kecuali.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih