Mengendalikan Diri Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Mengendalikan Diri Dalam Mewujudkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia



Untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, kemauan dan kemampuan mengendalikan din memegang peranan yang sangat penting. Kemauan dan kemampuan mengendalikan din harus diiniliki oleh setiap warga termasuk para pejabat negara, penyelenggara pemerintahan dan tingkat pusat hingga ke tingkat daerah. Tanpa itu, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sukar terwujud.

Penggunaan sumber alam inilik bersama bangsa harus selalu dikendalikan deini kesejahteraan bersama. Begitu pula cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak harus dikuasai oleh negara. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan manfaat secara adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Pemanfaatan sumber kekayaan alam harus dapat dirasakan secara merata oleh seluruh rakyat Indonesia, yaitu dengan memperhatikan kelangsungan hidup bagi generasi selanjutriya. Hal ini dikarenakan kekayaan alam Indonesia tidak hanya untuk generasi saat ini saja, tetapi juga untuk generasi mendatang. Oleh karena itu, selain memanfaatkan alam yang kita miliki, kita pun harus mau dan mampu memeliharanya deini kelangsungan hidup generasi berikutnya.



Memanfaatkan kekayaan alam secara cermat, hemat, tepat, dan memperhatikan kelangsungan hidup generasi yang akan datang merupakan salah satu wujud dan sikap pengendalian din. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ditetapkan setiap tahun harus benar-benar dimanfaatkan untuk membiayai pembangunan nasional. Untuk itu, diperlukan sikap pengendalian din dan para pejabat negara dan pemerintahan. Dalam penggunaan APBN ini diperlukan adanya kesadaran bahwa anggaran tersebut adalah uang negara (milik bersama selumh rakyat) yang harus digunakan seluruhnya untuk pembangunan. Tanpa kesadaran itu maka tindakan-tindakan penyalahgunaan uang negara, seperti korupsi dan manipulasi akan sering terjadi.

Kesadaran dan kemauan mengendalikan din dalam memanfaatkan kekayaan alam, APBN, dan barang-barang inilik negara sangat mendukung terhadap usaha mencapai tujuan dan cita-cita bersama, yakni membentuk masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kesadaran untuk mengendalikan diri yang diiniliki oleh seluruh rakyat Indonesia merupakan modal bagi terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih