Menggunakan Paragraf dengan Pola Pengembangan Naratif

Menggunakan Paragraf dengan Pola Pengembangan Naratif



Sebagian dan paragraf-paragraf dalam wacana di atas dikembangkan dengan pola pengembangan naratif, khususnya paragraf pertama sampai paragraf kelima.



Melengkapi Paragraf Naratif



Kamu diminta mengembangkan paragraf di bawah mi secara naratif dengan pikiran kamu sendiri. Gunakanlah kata-kata penanda pengembangan paragraf di atas!
  1. Warga Jakarta Utara mengeluh sudah tiga han air PDAM di rumah mereka tidak bias digunakan untuk minum dan mencuci karena air itu kotor dan berwarna cokelat. Untuk masak dan minum, warga terpaksa beli air mineral, sedangkan untuk mencuci ditangguhkan. Kalau air tersebut digunakan untuk mencuci, pakaian berubah warna. Sejak .... (dilanjutkan dengan beberapa kalimat) .... Akan tetapi, sampai .... (dilanjutkan dengan satu kalimat).
  2. Warga berusaha membuka bak kontrol PDAM yang berada di sekitar tempat tinggal mereka dengan maksud membuang kotorannya. Begitu bak air dibuka, air yang keluar tetap kotor .... (dilanjutkan dengan beberapa kalimat dan kalimat kesimpulan)
  3. Akhir-akhir mi pelanggaran terhadap hak asasi manusia di Indonesia masih sering terjadi dan diberitakan oleh surat kabar-surat kabar. Pada .... (dilanjutkan dengan sebuah narasi dalam beberapa kalimat)
  4. Sejak lahir seorang bayi diwajibkan disusui dengan ASI. (lanjutkan cerita tentang ASI sampai dengan anak berusia 6 bulan)
  5. Pertandingan sepak bola itu pada akhirnya dimenangi oleh kesebelasan orang gila. Pertandingan itu dilakukan antara ... dan .... (lanjutkan cerita mi berdasarkan imajinasi dan fantasi kamu).
Sumber Pustaka: Erlangga