Menilai Pentingnya Jiwa Semangat Yang Termuat Dalam Prinsip Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Menilai Pentingnya Jiwa Semangat Yang Termuat Dalam Prinsip Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia



Sejarah mengungkapkan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia, yang memberikan kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia. Pancasila membimbing bangsa Indonesia dalam mengejar kebahagian hidup lahir dan batin yang makin baik di dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Pancasila adalah kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia. mi berarti bahwa Pancasila dipakai bangsa Indonesia sebagai pedoman tingkah laku sehari-hari. Kebenaran, keampuhan, dan kesaktian Pancasila telah diuji sepanjang sejarah bangsa Indonesia dan ternyata tidak ada satu kekuatan pun yang mampu memisahkan Pancasila dan kehidupan bangsa Indonesia.

Di dalam Ketetapan MPR No. II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan dan Penga malan Pancasila yang dikenal sebagai Ekaprasetia Pancakarsa, telah dijabarkan mengenai nilai-nilai luhur yang hendak kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun nilai-nilai luhur itu merupakan tuntunan moral dalam rangka mewujudkan prinsip keadilan soial bagi seluruh rakyat Indonesia. Tuntunan itu adalah sebagai berikut.


  1. Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan serta kegotongroyongan.
  2. Bersikap adil.
  3. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  4. Menghormati hak-hak orang lain.
  5. Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
  6. Menjauhi pemerasan terhadap orang lain.
  7. Tidak bersifat boros.
  8. Tidak bergaya hidup mewah.
  9. Tidak melakukan perbuatan yang merugikan kepentingan umum.
  10. Suka bekerja keras.
  11. Menghargai hasil karya orang lain
  12. Bersama-sama berusaha mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
Sumber Pustaka: PT. Pabelan