Modal Dasar Dan Faktor Dominan Dalam Pembangunan Nasional

Modal Dasar Dan Faktor Dominan Dalam Pembangunan Nasional


Berikut ini adalah modal dasar dan faktor dominan dalam pembangunan/

Modal Dasar


Modal dasar pembangunan nasional adalah keseluruhan sumber kekuatan nasional, baik yang efektif maupun potensial, yang dimiliki dan didayagunakan bangsa Indonesia dalam pembangunan nasional. Maka dasar itu adalah sebagai berikut.



  1. Kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dan negara Indonesia sebagai hasil perjuangan seluruh rakyat Indonesia.
  2. Jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.
  3. Wilayah nusantara yang luas dan berkedudukan di khatulistiwa pada posisi silang antara dua benua dan dua samudra dengan kondisi alamiahnya yang memiliki berbagai keunggulan .komparatif.
  4. Kekayaan alam yang beraneka ragam dan terdapat di darat, laut, udara, dan dirgantara yang dapat didayagunakan secara bertanggung jawab demi kemakmuran rakyat.
  5. Penduduk yang besar jumlahnya sebagai sumber daya manusia yang potensial dan produktif bagi pembangunan nasional.
  6. Rohaniah dan mental, yaitu keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan tenaga peng.gerak yang tak ternilai harganya bagi pengisian aspirasi bangsa. Juga kepercayaan dan keyakinan bangsa atas kebenaran falsafah Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, merupakan modal sikap mental yang dapat membawa bangsa menuju cita-eitanya.
  7. Budaya bangsa Indonesia yang dinamis yang telah berkembang sepanjang sejarah bangsa yang bercirikan kebhinnekaan dan keekaan bangsa.
  8. Potensi dan kekuatan efektif bangsa, yakni segala sesuatu yang bersifat potensial dan produktif yang telah menjadi milik bangsa dan yang tumbuh dan rakyat, termasuk kekuatan sosial politik, antara lain partai politik dan golongan karya.
  9. Angkatan Bersenjata Republik Indo’nesia sebagai kekuatan pertahanan kea manan dan kekuatan sosial politik yang tumbuh dan rakyat dan bersama rakyat menegakkan serta mengisi kemerdekaan bangsa dan negara.

Faktor Dominan


Faktor dominan adalah segala sesuatu yang hams diperhatikan dalam’ penyelenggaraan pembangunan agar meinperlancar pencapaian sasaran pembangunan nasional, meliputi:

  1. Kependudukan dan sosial budaya, termasuk pergeseran nilai dan perkembangan aspirasi rakyat yang dinamis.
  2. Wilayah yang bercirikan kepulauan dan kelautan dengan lingkungan dan alam tropiknya.
  3. Sumber daya alam yang beraneka ragam dan tidak merata penyebarannya, term asuk flora dan fauna.
  4. Kualitas manusia Indonesia dan masyarakat Indonesia dan penguasaannya terh adap ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Disiplin nasional yang merupakan perwujudan kepatuhan dan ketaatan kepada hukum dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
  6. Manajemen nasional sebagai mekanisme penyelenggaraan negara dan pemerint ahan.
  7. Perkembangan regional dan global serta tatanan internasional yang selalu berubah secara dinamis.
  8. Kemungkinan pengembangan.
Sumber Pustaka: Pabelan