Nilai Moral Kebersamaan Dan .Keterikatan Dalain Masyarakat Dan Bernegara Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Nilai Moral Kebersamaan Dan Keterikatan Dalain Masyarakat Dan Bernegara Dalam Kehidupan Sehari-Hari



Kita hidup di tengah-tengah masyarakat, oleh karena itu, tidak boleh hanya mementingkan din sendiri. Kita harus menghormati kepentingan orang lain dan harus rela mengorbankan kepentingan sendiri untuk kepentingan orang lain atau kepentingan umum.

Kepentingan sendiri dan kepentingan umum harus seimbang. Dengan demikian akan terwujud kehidupan yang rukun dan bermanfaat di dalam masyarakat. Kehidupan masyarakat yang berdasarkan Pancasila mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.


  • Adanya hubungan yang selaras, seimbang, serta serasi antara kepentingan manusia sebag ai pribadi dengan kepentingan masyarakat,
  • Keselarasan dan keseimbangan pada din manusia mencakup:
    1) hubungan antarpribadi
    2) hubungan bangsa dengan negara
    3) hubungan manusia dengan Tuhannya
    4) hubungan manusia dengan alam
    5) mengejar kemajuan lahiriah dan batiniah

Bagaimanakah sikap hidup kita sehari-hari dalam hidup bermasyarakat? Berikut ini kita berikan contoh perbuatan yang manunjang keserasian dan keselarasan hidup bermasyarakat, misalnya sebagai berikut.

  1. Menghormati orang lain terutama orang-tua khususnya orang yang lebih tua daripada klta. Memberi pertolongan dan mendahulukan terhadap orang tua dalam kesempatan yang kita hadapi secara kebersamaan.
  2. Menghormati guru kita, meskipun kita mempunyai pangkat dan kedudukan yang lebih tinggi dan padanya, tetapi hendaknya kita tetap menaruh hormat kepadanya.
  3. Bersikap sopan dan ramah terhadap siapa pun yang kita hadapi.
  4. Bersikap sopan dalam segala tingkah laku, terhadap orang yang lebih tua atau lebih tinggi kedudukannya daripada kita.
  5. Bersikap jujur dan adil dalam pergaulan. Jangan suka mencela orang lain karena belum tentu kita lebih baik darinya.
  6. Menghormati tata cara pergaulan dan masyarakat yang kita miliki.