Pengertian Iklim Hatahari Dan Macam-macamnya

Iklim Hatahari


Dasar pembagian iklim matahari ialah banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima oleh setiap bagian permukaan bumi. Banyak sediktnya sinar kedudukan matahari terhadap bumi. Posisi matahari akan berpindah setiap enam bulan sekali. Matahari selama enam bulan berada di belahan bumi selatan dan enam bulan berikutnya ada dibelahanbumi utara. Iklim matahari meliputi iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang, dan iklim kutub (dingin).



  1. Iklim tropis adalah iklim yang dialami oleh daerah yang menerima sinar matahari sepanjang tahun. Daerah tersebut dinamakan daerah tropis yang terletak antara 23,5° LU — 23,5° LS.
  2. Iklim subtropis adalah iklim yang terjadi pada daerah peralihan yang terletak antara 23,5° — 35° LU dan 23,5° — 35° LS. Pada daerah iklim peralihan, musim dingin masih samar-samar. Suhu terdingin pada daerah peralihan lebih rendah dan 18° C. Pada daerah iklim subtropis terdapat daerah iklim stepa dan iklim gurun pasir.
  3. Iklim sedang adalah iklim yang terjadi di daerah antara 35° — 66,5° LU dan 35° — 66,5° IS. Daerah iklim sedang memiliki empat musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim semi, dan musim dingin.
  4. Iklim kutub (dingin) adalah iklim yang dialami oleh daerah antara 66,5° — 90° LU dan 66,5° -90° IS, yang disebut daerah Kutub Utara dan daerah Kutub Selatan. Daerah tersebut memiliki suhu udara yang dingin sepanjang tahun. Suhu terpanas tidak lebth dan 100 C. Di daerah Kutub terdapat dua daerah ildim yang khas, vaitu daerah ildim tundra dan iklim saiju.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact