Pengertian Iklim Junghuhn, Schmidt Dan Ferguson

Pengertian Iklim Junghuhn, Schmidt Dan Ferguson


Seorang ahli ilmu tumbuhan dan Jerman bernama FR Junghuhn (1809 — 1864) membagi iklim menurut ketinggian tempat. Dasar pembagian iklim tersebut karena Junghuhn kurang sependapat dengan pembagian iklim matahari yang terdapat penyimpangan. Mengapa? Karena di daerah tropis juga dapat ditemukan saiju sehingga Junghuhn menyimpulkan bahwa iklim suatu daerah atau wilayah ditentukan juga oleh faktor lain, yaitu letak suatu tempat (letak astronomis dan geografis) dan keadaan permukaan daratan.

Lihatlah pembagian zone iklim menurut Junghuhn berikut mi!



Iklim Schmidt dan Ferguson


Dua orang ahli meteorologi dan geofisika dan Belanda yang bernama RH. Schmidt dan W.J.A.A. Ferguson mengadakan pembagian iklim. Pemb agian iklim tersebut didasarkan pada perbandmgan rata-rata jumlah bulan kering selama satu tahun dengan rata-ratajumlah bulan basah selama satu tahun dalam jangka waktu minimal 10 tahun.

Dan tempat-tempat pengukuran hujan, Schmidt dan Ferguson mengh itungjumlah bulan kering dan jumlah bulan basah, serta jumlahbulan lembab dalam satu tahun. Kriteria yang digunakan adalah sebagai berikut.
  1. Bulan kering adalah bulan dengan curah hujankurang dan 60 mm.
  2. Bulan basah adalah bulan dengan curah hujan lebth dan 100 mm.
  3. Bulan lembab adalah bulan dengan curah hujan antara 60 mm —100 mm.
Sumber Pustaka: Ganeca Exact