Pengertian Kedaulatan Rakyat Menurut Para Ahli Dan Bentuknya

Pengertian Dan Bentuk Kedaulatan Rakyat



Kedaulatan berasal dan kata daulat. Dalam bahasa Arab artinya kekuasaan atau dinasti pemerintahan. Kedaulatan artinya kekuasaan tertinggi dalam suatu negara. Rakyat artinya warga masyarakat atau segenap penduduk yang menempati suatu wilayah negara. Jadi kedaulatan rakyat artinya kekuasaan negara yang tertinggi berada di tangan rakyat.

Kekuasaan artinya mampu untuk memaksakan kehendaknya kepada orang lain (pihak lain). Dalam memaksakan kehendaknya kepada pihak lain, tidak selalu harus dipakai tindakan paksa, bisa saja pelaksanaan pihak lain tersebut disebabkan karena kewibawaan. Oleh karena itu, tindakan paksaan mi sebenarnya baru dipergunakan apabila diperlukan saja. Dalam pengertian lain, kekuasaan itu artinya mampu untuk memaksakan kehendak kepada pihak lain sehingga pihak yang berkuasa itulah yang menentukan kemauan pihak yang dikuasai. Oleh karena itu, kekuasaan negara merupakan kekuasaan yang tertinggi yang menentukan kehendak di dalam negara.



Kedaulatan dalam bahasa Inggris menyebutnya dengan sovereignty artinya kekuasaan yang sah (menurut hukum) yang tertinggi. Kekuasaan tersebut meliputi segenap orang maupun golongan yang ada di dalam masyarakat yang dikuasainya. Dengan kata lain sovereignty ialah kekuasaan untuk membentuk hukum serta kekuasaan untuk memaksakan pelaksanaan hukum. Dilihat dan segi hukum, sebenarnya yang dimaksud dengan sovereignty ialah kekuasaan yang tertinggi yang harus dimiliki oleh negara. Negana memiliki kekuasaan tertinggi artinya, negara tensebut harus dapat menentukan kehendaknya sendiri serta mampu melaksanakannya. Hukum merupakan wujud penjelmaan kehendak negara. Oleh karena itu, kekuasaan negara pada hakikatnya merupakan kekuasaan untuk membuat serta melaksanakan hukum.

Pengertian kedaulatan rakyat menurut beberapa ahli


  • Menurut Wirjono Prodjodikoro
Kedaulatan rakyat menunjuk pada gagasan, bahwa yang terbaik dalam masyarakat ialah yang dianggap baik oleh semua orang yang merupakan rakyat.
  • Menurut Miriam Budiardjo
Pengertian kedaulatan itu sendiri adalah kekuasaan yang tertinggi untuk membuat undang-undang dan melaksanakannya dengan semua cara yang tersedia.
  •  Moh. Koesnadi dan Buntaran R. Saragih
Kedaulatan rakyat membawa konsekuensi, rakyat sebagai pemegang otoritas tertinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Kedaulatan rakyat berarti juga pemerintahan dan rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
  • Lyman Tower Sargen
Pelaksanaan prinsip kedaulatan rakyat dapat dilakukan melalui demokrasi langsung dan atau demokrasi perwakilan. Demokrasi langsung artinya mengindikasikan rakyat mengambil bagian secara pribadi dalam tindakant indakan dan pemberian suara untuk membahas dan mengesahkan undang-undang. Sedangkan demokrasi perwakiFan, rakyat memilih warga lainnya untuk membahas dan mengesahkan undang-undang.

Bentuk Kedaulatan


Bentuk kedaulatan dibedakan atas dua macam, yaitu kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar.
  • Kedaulatan ke Dalam (Interne Souvereiniteit
Kedaulatan ke dalam yaitu kekuasaan atau kewenangan tertinggi dalam mengatur dan menjalankan organisasi negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  • Kedaulatan ke Luar (Externe Souvereiniteit)
Kedaulatan ke luar yaitu pemerintah berkuasa bebas, tidak terikat, dan tidak tunduk kepada kekuatan lain, selain ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Demikian juga negara lain harus pula menghormati kekuasaan negara yang bersangkutan, dengan tidak mencampuri urusan dalam negerinya.
Sumber Pustaka: Cempaka Putih