Pengertian Modernisasi Dan Bentuk Perubahan Beserta Contohnya

Pengertian Modernisasi


Arti kata modernisasi dengan kata dasar modern berasal dan bahasa Latin modernus yang dibentuk dan kata modo dan ernus. Modo berarti cara dan ernus menunjuk pada adanya periode waktu masa kini. Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dan masyarakat tradisional menuju masyarakat yang modern. Jadi, modernisasi merupakan suatu proses perubahan sosial di mana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern.

Menurut J.W. Schoorl, modernisasi merupakan penerapan pengetahuan ilmiah pada semua kegiatan, bidang kehidupan, dan aspek kemasyarakatan. Aspek yang paling menonjol dalam proses modernisasi adalah perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang tinggi. Contohnya, perkembangan teknologi pertanian yang awalnya menggunakan tenaga hewan berkembang ke arah yang lebih maju dengan munculnya penemuan teknologi traktor.



Di Indonesia, istilah modernisasi seringkali disalahartikan. Orang cenderung mengartikan modernisasi sebagai westernisas4 terutama pada sikap para pelakunya yang cenderurig selalu meniru secara mutlak pengaruh Barat yang masuk. Jika orang tidak mengikuti cara mi, orang itu akan dianggap tidak modern walaupun sebenarnva banvak pengaruh Barat yang masuk tidak cocok untuk ditiru oleh bangsa kita. Tidak sedikit orang menganggap bahwa modernisasi sebagai suatu bentuk kebebasan yang tidak lagi menghiraukan norma-norma yang masih melekat pada suatu masyarakat. Untuk menghindari pemahaman yang keliru mengenai istilah modernisasi seperti mi, berikut akan dikemukakan beberapa pendapat para ahli sosiologi tentang pengertian modernisasi. Di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Menurut Wibert E. Moore, modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama dalam bidang teknologi dan organisasi sosial dan yang tradisional ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang didahului oleh negara-negara Barat yang telah stabil.
  2. Menurut Koentjaraningrat, modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang.
  3. Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dan perubahan sosial yang biasanya terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan (social planning).
  4. Menurut Astrid S. Susanto, modernisasi adalah suatu proses pembarigunan yang memberikan kesempatan ke arah perubahan demi kemajuan.

Bentuk Perubahan dalam Modernisasi


Bentuk perubahan dalam pengertian modernisasi adalah perubahan yang terarah (directed change) yang didasarkan pada suatu perencanaan. Objek perubahan tersebut adalah seluruh aspek yang terkait dengan manusia. Aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut.
  • Aspek sosio demografi, yaitu proses perubahan unsur-unsur sosial, ekonothi, dan psikologi masyarakat, seperti pola perilaku dan peningkatan pendapatan.
  • Aspek struktur organisasi sosial, yaitu perubahan unsur-unsur dan norma-norma kemasyarakatan yang terwujud apabila manusia mengadakan hubungan dengan sesamanya di dalam kehidupan bermasyarakat.
Modernisasi menyangkut perubahan sikap dan mentalitas, pengetahuan, keterampilan, serta struktur sosial masyarakat menuju suatu kehidupan yang modern (sesuai tuntutan zaman). Gejala modernisasi ditandai dengan majunya pendidikan, teknologi, dan perekonomian, serta pesatnya urbanisasi.
Sumber Pustaka: ESIS